Cara membuat Tetel jadah tape ketan, resep

  1. Rendam beras ketan 2 jam, kemudian cuci bersih dan tiriskan
  2. Panaskan kukusan, lalu masukan beras ketan, kukus 15 menit, angkat dan tempatkan di wadah.
  3. Didihkan santan bersama garam, aduk2 agar santan tidak pecah, jika mendidih langsung matikan api.
  4. Siram kukusan beras ketan tadi dg santan, lalu aduk rata.
  5. Tambahkan kelapa parut aduk rata kembali, sisihkan. Kemudian panaskan kukusan dan kukus lagi selama 30 menit/sampai matang.
  6. Taruh ketan yg sudah matang diwadah yg dialasi plastik, tumbuk sampai halus (saia pake ulug an dg dibungkus plastik)
  7. Jika sudah halus, taruh ditempat lain yg dialasi plastik dan ratakan diamkan hingga dingin.
  8. Lalu potong2 tetel, sesuai selera yaa potong2nya,, karena saia gak terlalu pandai potong, jadi gini de apa adanya
  9. Sajikan dg tape ketan homemade,, cuco banget lho,,, Aiyog monggo dicobaa. Setiap gigitan tetel dan colekan tape ketan membuat lidah bergoyang sedapp
  10. Cara membuat tape ketan: rendam beras 3 jam, cuci bersih. Aron beras ketan hingga air menyusut, dan kukus ketan selama 30 menit/sampai matang. Lalu taburi ragi dan beri gula pasir, lalu bungkus 1 sdm didaun pisang lalu semat dg tusuk gigi. Lakukan hingga habis, dan simpan ditimba lalu tutup rapat biarkan matang kurang lebih 2 hari yaa.

Bahan-bahan dalam resep Tetel jadah tape ketan diatas adalah sebagai berikut

  • 1 butir kelapa muda parut
  • 1 kg beras ketan
  • 1 sdm garam
  • 1 butir ragi ketan, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • secukupnya daun pisang
  • 500 gr beras ketan
  • bahan tape ketan:
  • 400 ml santan kental

Resep Tetel jadah tape ketan Waktu saia kecil, Alm. Ibu tercinta suka bikin tetel ketan waktu ada acara syukuran dirumah. kadang2 suka kangen dengan masakan ibu yg ala2 tradisional gitu, karena kemarin dapet beras ketan dr kakak bawa dari kampung, jadi terasa gak afdhol kalo gak bebikin. Akhirnya aku bikin tetel/jadah ketan, kalo untuk tape ketan kakak uda bikin dari kampung & hari ini uda pas waktu matengnya, syukur deh akhirnya bisa bebikin sama persis dg buatan Ibu