Cara membuat TerBulCok ( Terang Bulan Coklat ) No Ribet No Bantet , resep

  1. Masukkan Tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, coklat bubuk, gula pasir, baking powder dan fermipan dalam 1 wadah lalu aduk2, buat lubang di tengahnya. Kemudian masukkan telur dan air ke tengah2 lubang bahan kering. Aduk hingga tercampur rata. Saya menggunakan garpu untuk mengaduknya.
  2. Diamkan adonan 10 menitan. Sambil menunggu adonan didiamkan, cairkan margarin dengan memanaskannya pada teflon / wajan anti lengket yang nantinya akan dipakai membuat terang bulan.
  3. Setelah didiamkan 10 menit, masukkan garam dan margarin cair, lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Ini penampakan adonan setelah ditambah garam dan margarin cair :
  4. Lap Teflon atau wajan datar anti lengket yang tadi dipakai melelehkan margarin dan ratakan sisa margarin dengan menggunakan tissue makan agar tidak terlalu berminyak, tapi juga tidak membuat adonan lengket di wajan datar. Panaskan teflon dengan api sedang cenderung kecil. Setelah cukup panas, masukkan adonan terang bulan lalu tutup agar bagian atas ikut matang. (Untuk ketebalan sesuai selera ya.. Saya memakai teflon berdiameter 20cm dan bisa menjadi 3 buah terang bulan. Jika ingin hasil terang bulan yang lebih tebal ala ala abang2 tukang martabak, bisa dijadikan 2 terang bulan)
  5. Jika terang bulan sudah mulai berlubang2 seperti gambar di bawah ini, taburi gula pasir lalu tutup kembali dan biarkan beberapa saat.
  6. Periksa kembali, jika terang bulan sudah berlubang2 dan seluruh permukaannya tidak terlalu encer lagi, maka tandanya terang bulan sudah matang. Angkat terang bulan dan siap diberi taburan.
  7. Olesi permukaan terang bulan yang masih panas dengan margarin sesuai selera, lalu taburi dengan meises dan butiran permen warna warni. Tuh tekstur terbulcoknya berlubang2 dan empuk banget.. mirip terang bulan yang dijual abang2 martabak tapi nggak oily dan tentunya nyoklat abis.. hehe..
  8. Potong2 Terbulcok seperti ketika memotong pizza atau bisa juga dilipat menjadi setengah lingkaran seperti ini.

Bahan-bahan dalam resep TerBulCok ( Terang Bulan Coklat ) No Ribet No Bantet diatas adalah sebagai berikut

  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt coklat bubuk (optional)
  • secukupnya margarin untuk olesan (optional)
  • 1 sdt fermipan / ragi instant
  • 1 sdm margarin
  • 1/4 sdt garam
  • 6 sdm tepung terigu
  • secukupnya meises coklat untuk taburan (optional)
  • 1/2 gelas air
  • 1 butir telur
  • 1 sachet susu bubuk rasa coklat (pakai skm juga boleh)
  • secukupnya butiran permen warna warni untuk taburan (optional)
  • secukupnya gula pasir untuk taburan (optional)
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena

Waktu : 30 menit

Porsi : 5 Orang

Resep TerBulCok ( Terang Bulan Coklat ) No Ribet No Bantet Terang Bulan atau Martabak Manis ini jajanan yang paling banyak dijumpai di pinggir2 jalan di hampir semua kota di indonesia. Meskipun sangat suka dengan terang bulan, tapi aku pribadi kurang suka kalau beli di tukang martabak karena terlalu berminyak dan terkadang enek rasanya. Makanya aku dan ibuk lebih suka bikin terang bulan sendiri pakai resep yang udah kita modif.. Ini resep terang bulan yang pas di lidah, nggak oily, dan nggak ribet karena bikinnya g butuh waktu lama, untuk memasak 1 resep ini aku cuman butuh waktu menyiapkan adonan 5 menit, mendiamkan adonan 5 menit dan waktu memasak 3 buah terbulcok selama 3x15 menitan aja. Berhubung aku ini penggila coklat, Aku memodifikasi resepnya jadi terang bulan coklat. Kalau kepingin terang bulan yang original, susu bubuknya tinggal diganti rasa vanila dan coklat bubuknya di skip aja. Selamat mencoba..