Cara membuat Telur Gabus Manis Gula Merah Wijen, resep

  1. Kocok telur dan mentega secara bersamaan (kocok biasa menggunakan garpu kok).. kemudian masukkan telur dan mentega yang sudah dikocok kedalam tepung sagu sedikit-sedikit sambil diaduk. Beri sedikit garam, gula dan vanili. Aduk dan adoni sampai kalis menggunakan spatula kayu (biasanya gak butuh waktu lama diadonin. Gak usah takut gagal, karna mayoritas adonan akan berhasil)
  2. Kalau sudah kalis atau bisa dibentuk, tinggal pilin adonannya kecil-kecil sambil langsung dimasukkan ke minyak dingin (jangan dinyalakan dulu kompornya). Kenapa dimasukkan ke minyak dingin? Agar adonan mengembang dan tidak lengket.. oh iya, adonan ini nantinya akan sangat mengembang saat di masak, jadi pilin nya gak usah besar2 yah. Kecil aja pilinnya, biar renyah juga.
  3. Setelah adonan selesai dipilin dan berada diminyak dingin, baru nyalakan kompor.. biarkan sampai minyak panas dan mengembangkan adonan dengan sendirinya. Jangan dibolak balik gorengannya sebelum terapung keatas.. kalau sudah pada terapung baru deh di bolak balik sampai kecoklatan dan voila tinggal angkat..
  4. Untuk pelapis: Cairkan gula merah dan gula putih diatas kompor. Kasih air segelas.. biarin sampai jadi kental atau air agak menyusut. Kalau belum bisa kental, itu artinya gula putihnya kurang banyak. Matikan kompor kalau kekentalan dirasa cukup. Dinginkan..
  5. Akhirnya, tinggal masukan telur gabus yang sudah jadi ke pelapis gula merah. Masukkan juga wijen yang sudah disangrai. Aduk-aduk semuanya sampai rata dan jadi dehhh

Bahan-bahan dalam resep Telur Gabus Manis Gula Merah Wijen diatas adalah sebagai berikut

  • sedikit gula putih
  • 2 1/2 sdm mentega
  • secukupnya wijen yang udah disangrai (opsional)
  • 250 gram gula merah
  • 5 butir telur
  • 1 gelas air
  • secukupnya minyak untuk menggoreng
  • sedikit garam
  • untuk bahan pelapis :
  • secukupnya gula putih
  • 500 gram tepung kanji (tepung sagu tani)

Waktu : 30 menit

Resep Telur Gabus Manis Gula Merah Wijen Iseng nyoba buat cemilan ini. Ternyata gampang banget dan berhasil. Alhasil mama selalu aku buatin cemilan ini untuk kerja.. Ini resep mudah sekali dibuatnya. Jadi jangan takut gagal.. kalau ada bahan yang kurang dikit juga jangan takut untuk tetap bikin. Tinggal porsi bahannya aja dikira2 lagi. Oh iya, kalau resep dibawah bisa untuk 2 toples tupperware besar di rumah aku. Selamat mencoba selamat menikmatiii nom nom :9