Cara membuat Telur Gabus Keju Simpel, resep

  1. Kocok telur, garam, keju, butter margarin jadi adonan yang kental dan lembut. Konsistensi mirip mayonaise ya...
  2. Tuang campuran keju telur ke tepung kanji, aduk rata pakai spatula/centong kayu. Lanjutkan uleni pakai tangan bentar, asal kalis dan adonan udah halus.
  3. Tuang minyak goreng dingin ke wajan, ambil sejumput adonan lalu bentuk dengan memelintir diantara kedua telapak tangan. Cemplungkan ke minyak. Lakukan sampai adonan memenuhi minyak.
  4. Taruh wajan di atas kompor, nyalakan api kecil, tunggu adonan hingga mengembang, memutih dan mulai mengapung. Goreng sampai matang, sambil diaduk pelan aja ya.
  5. Tips: kalau adonan belum habis dibentuk/diplintir, tunggu minyak dingin dulu, baru gunakan sebagai wadah plintiran adonan ya. Atau bisa juga pakai 2 wajan jadi sambil menunggu 1 wajan mendingin, pakai wajan satunya yang minyaknya masih dingin. Menggoreng adonan telur gabus di minyak panas membuat permukaan kue tidak cantik mulus, juga bahaya karena adonan kanji akan meledak-ledak dan mencipratkan minyak panas...

Bahan-bahan dalam resep Telur Gabus Keju Simpel diatas adalah sebagai berikut

  • 100 gram tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 250 ml minyak untuk menggoreng
  • 2 sdm butter margarin (ana pakai royal palmia, margarin yang di mix butter juga boleh)
  • 25 gram keju cheddar parut
  • 5 cubit garam

Waktu : 45 menit

Resep Telur Gabus Keju Simpel Menurut ana, camilan ini lebih pas disebut cheese stick atau stik keju. Karena teksturnya kletik-kletik, enggak nyuss seperti telur gabus keju yang banyak dijual di luaran sana. Bisa juga, ana aja yang kebanyakan kasih keju parut, makanya adonan pas digoreng jadi padet dan lebih kriuk... Terinspirasi resep-resep telur gabus keju di cookpad dan blognya mbak Endang JTT, akhirnya bikin juga lah pakai versi pribadi, menyesuaikan selera, hehe.. Bahan-bahannya udah ada, cuma males kalau mlintir-mlintir adonan kelamaan. Jadi bikin sedikit aja. Karena pengen rasa keju yang lebih "ngeju", ana tambahin porsi kejunya... Enaakkk masya Allah. Buat yang suka per-keju-an, ayo dicoba. Bikinnya mudah kok...