Cara membuat Tape Ogura, resep

  1. Persiapkan bahan-bahan, loyang 20 atau 22 cm alasi dengan kertas. Siapkan juga loyang berikutnya yang lebih besar untuk piranti tim (water bath).
  2. Blender tape dengan santan dan sejumput garam hingga halus, saring. Sisihkan.
  3. Panaskan Butter hingga berbuih. Matikan api, masukkan Terigu yang telah diayak. Aduk rata.
  4. Biarkan kira-kira 30 detik, baru masukkan kuning telur satu persatu. Aduk rata. Masukkan campuran Tape Santan. Kembali aduk rata. Nyalakan oven 170'C, masukkan Loyang besar berisi air dengan tinggi 1,5 cm (loyang ini harus lebih besar dari Loyang adonan cake).
  5. Siapkan Putih Telur, air Jeruk Nipis, dan gula. Mixer putih telur dengan 1/3 bagian gula hingga berbuih . Terus kocok kembali, lalu tambahkan 1/3 bagian gula, air Jeruk Nipis. Kemudian masukkan 1/3 bagian gula yang terakhir, mixer sampai putih telur mengilap licin, baskom dibalik tidak tumpah.
  6. Campur adonan kuning telur dengan putih telur dengan spatula, aduk balik. Ambil 1/3 bagian putih telur, masukkan dalam adonan kuning telur, aduk dengan spatula dengan gerak memutar dari bagian paling dasar hingga atas agar rata. Teruskan dengan cara yang sama untuk bagian-bagian berikutnya hingga selesai dan rata. Tuang ke dalam loyang beralas kertas roti. Ketuk-ketuk beberapa kali untuk melepaskan gelembung-gelembung udara yang terperangkap dalam adonan.
  7. Taburi Kenari, sayangya saya tidak punya yang utuh, cuman ada remah-remah saja! Tumpuk loyang ini di atas loyang berisi air yang telah dipersiapkan tadi pada saat oven dinyalakan. Panggang 170'C selama 55 menit.
  8. Loyang besar di bawahnya berisi air kira-kira 1 1/2 cm saja.
  9. Karena waktu memanggang sebenarnya sudah selesai, tapi saat disentuh permukannya masih ada bunyi kempes, seperti desisan "psshh" gtu, saya tambahkan waktu 5-7 menit lagi.

Bahan-bahan dalam resep Tape Ogura diatas adalah sebagai berikut

  • 130 gram Gula
  • 2 sdm Air Jeruk Nipis
  • 4 butir Kuning Telur
  • Secukupnya Kenari
  • 70 ml Santan (pake yg kemasan 50 ml + 20 ml air)
  • Secukupnya Garam
  • 80 gram Butter
  • 150 gram Tape
  • 5 butir Putih Telur
  • Bahan :
  • Hiasan :
  • 100 gram Tepung protein rendah, ayak

Resep Tape Ogura Ikutan meramaikan festival Ogura nih... Semua dapur Cookpad pada bikin yaa...colek Tintin Rayner dan Amei yang banyak banget bikinnya. Hehehehe... Sudah saatnya tape diperlakukan eksklusif.... dipanggang dengan gaya Royal: Au Bain Marie (-bahasa sehari-harinya: ditim dalam oven kwkwkkwkwk )!! Saya tergelitik membuat resep Ogura dalam versi tradisional kita yaa..., jadi tape tidak hanya dibuat untuk prol ato cake biasanya. Jika anda suka type kue yang tidak seret, pasti cinta dengan yang satu ini, karena ini type lembut,,, sejajar dengan japanese cheese cake loh , tapi rasa tape! Makanya sangat disarankan untuk mencari tape yang baik,,, saya suka yang "ngarak... klo tidak begitu kan jadinya malah rasa singkong ! Nah, semoga versi baru ini berkenan ya (Sebenarnya ini edisi mengarang bebas koq, tapi berhasil juga rupanya, hehe...!!! Salam Ogura!!