Cara membuat Sponge Cake Sehat, resep

  1. Oles tipis loyang dengan menggunakan mentega dan tepung terigu. Sisihkan.
  2. Cairkan mentega, sisihkan.
  3. Panaskan oven di suhu 170C.
  4. Dalam wadah kering, masukkan telur dan gula. Kocok telur dan gula sampai kental dan kaku dengan mixer kurang lebih selama 13 menit dengan speed sedang, saya pakai speed 4.
  5. Masukkan tepung terigu, aduk balik, sampai tercampur rata.
  6. Tambahkan mentega cair, aduk balik secukupnya sampai rata. Mentega cair harus benar-benar tercampur ke adonan yah, biar cake g Bantet nantinya.
  7. Masukkan adonan cake ke loyang, saya pakai loyang persegi 4 ukuran 18 cm. Ketuk-ketukan loyang yang telah berisi adonan. Panggang di oven kurang lebih 25 menit.
  8. Biar pasti sudah matang atau belum, tes pakai tusuk gigi yah. Kalau g ada adonan yang nempel di tusuk gigi, berarti cake sudah matang, dan harus diangkat dari oven serta dikeluarkan segera dari loyang.
  9. Ini penampakan bagian dasarnya.^^
  10. Kalau saya, cake nya saya buat 2 loyang. Bagian atas cake pertama oles agak tebal dengan selai strawberi terus langsung ditumpuk cake kedua. Terus bagian atas cake nya saya oles butter cream terus taburkan chedar parut dan meises coklat.

Bahan-bahan dalam resep Sponge Cake Sehat diatas adalah sebagai berikut

  • 2 butir kuning telur
  • 100 gr tepung terigu
  • 125 gr mentega
  • 125 gr gula pasir
  • 2 butir telur

Waktu : 40 menit

Porsi : 5 Orang

Resep Sponge Cake Sehat Harap-harap cemas waktu adonannya masuk oven, sebentar-sebentar diliat kaca ovennya. Ini sponge cake bakalan jadi ngembang atau jadi bantet, soalnya sponge cake ini g pake baking powder atau emulsifier. Masa iya gagal, padahal banyak banget yang coba buat pertama kali dan berhasil. Dan ternyata pas di menit ke 10 sponge cake nya mulai naik. 30 menit setelah sponge cake di letakan di piring, cake nya g ngempes juga. Cake nya juga enak. Ini resepnya dari @doyanbaking yah.