Cara membuat Soes Kering Susu, resep

  1. Soes: Campurkan air dengan margarin serta garam, masak hingga mendidih dan margarin larut. Masukkan campuran terigu dengan susu bubuk dan aduk hingga adonan benar-benar kalis. Matikan api dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin masukkan telur dan aduk rata dengan menggunakan mixer.
  2. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dengan ujung potong bintang (gunakan kerucut stainless ujung bintang). Semprotkan adonan ke loyang yang telah dioles tipis dengan margarin, bentuk lingkaran memutar dan bertumpuk mengecil di atas. Ukurannya dibuat sedang dan jarak antar soes tidak terlalu rapat, karna soes nanti akan mengembang.
  3. Oven pada oven kompor dengan api sedang (1/4 putaran pada kompor gas). Oven adonan soes selama 50 menit, atau sampai soes berubah warna kuning kecoklatan. Jangan buka oven pada saat mengoven, sebelum soes benar-benar matang. Saat Soes sudah terlihat kering dan berwarna kuning kecokelatan tapi masih mengeluarkan buih-buih busa, matikan oven dan biarkan dalam oven tertutup hingga buih hilang baru dikeluarkan.
  4. Vla: Masak dan aduk susu dengan gula hingga rata, kemudian masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Besarkan api, aduk susu hingga mengental dan matikan api (biarkan dingin agar vla lebih mengental). Masukkan vla ke dalam plastik segitiga dan potong kecil di ujungnya.
  5. Lelehkan cokelat compound dengan cara memotong-motong cokelat (halus jangan kegedean potong-potongnya), masukkan ke dalam plastik segitiga dan ikat bagian atasnya. Rendam plastik tersebut pada air panas (antara panas dan hangat) beberapa menit hingga cokelatnya meleleh.
  6. Lubangi soes pada bagian samping dengan ujung pisau kemudian suntikkan vla ke dalamnya. Tata di piring dan semprotkan cokelat leleh di atasnya. Satu adonan ini menghasilkan 20 buah soes.

Bahan-bahan dalam resep Soes Kering Susu diatas adalah sebagai berikut

  • 1/4 sdt Garam
  • 3 sdt Tepung Maizena
  • 2 butir Telur
  • 1 sdm Susu bubuk full cream
  • 50 gr Margarin
  • 50 gr Compound Chocolate
  • 75 gr Terigu Protein Sedang
  • 125 ml Air
  • 1 sdm Gula Pasir
  • 200 ml Susu UHT Plain

Waktu : 90 menit

Porsi : 4 Orang

Resep Soes Kering Susu Soes ini bukan soes kering yang bisa disimpan dalam toples berhari-hari. Ini cuma soes yang tahan sehari, sama kayak soes biasanya cuman ini lebih garing di luar dan dan lembut isian vlanya. Enak buat cemilan... Ah iya, resepnya gak beda jauh sama resep soes yang dah aku share sebelumnya.