Cara membuat Simple Chocolate Sponge Cake dengan Blueberry Topping, resep

  1. Siapkan oven set di suhu 170 DC. Letakkan loyang pemanggang di tengan oven.
  2. Olesi permukaan 2 buah loyang ukuran 20 x 20 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung. Atau alasi dengan kertas baking dan olesi permukaan kertas dengan margarine tipis2. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, aduk jadi 1 bahan kering (tepung terigu, coklat bubuk, baking powder). Ayak campuran bahan kering ini ke mangkuk lainnya. Masukkan mentega, gula pasir, telur, susu cair, ekstrak vanilla dan garam.
  4. Dengan menggunakan mikser, kocok adonan dengan speed rendah selama beberapa detik hingga tercampur dengan baik.
  5. Lanjutkan mengocok dengan speed sedang hingga adonan menjadi smooth, pekat dan tercampur dengan baik. Sekitar 3 menit. Jangan over mixing. Jika adonan sudah menjadi cream pekat dan kental segera hentikan mengocok.
  6. Bagi adonan menjadi 2 bagian yang sama banyaknya. Tuangkan adonan ke dalam 2 buah loyang yang telah di persiapkan. Ratakan permukaan adonan dengan spatula.
  7. Panggang dengan api atas bawah selama 45 menit atau ketika lidi ditusukkan ke tengah cake maka masih ada sedikit adonan lembab (bukan basah) melekat di lidi.
  8. Keluarkan dari oven. Biarkan uap panasnya hilang. Balikkan loyang cake di rak kawat dan biarkan hingga benar2 dingin.
  9. Jika cake telah dingin olesi permukaan salah satu cake dengan selai. Kemudian tumpukkan cake lainnya ke permukaan cake yang telah diolesi dengan selai. Olesi permukaan cake dengan topping blueberry atau sesuai selera anda. Potong2 dan sajikan. Yummy 🙂
  10. Saya menggunakan 1 loyang jadi cake nya saya belah dua. 1 sisi saya olesi selai lalu ditumpuk dengan sisi lainnya.
  11. Suami suka keju sama coklat jadi saya tambahkan keju dan meises di atasnya.
  12. Ini enak lho.. 1 slice never enough

Bahan-bahan dalam resep Simple Chocolate Sponge Cake dengan Blueberry Topping diatas adalah sebagai berikut

  • 4 butir telur suhu ruang
  • 225 gram mentega/margarine
  • 1 sdt vanilla ekstrak
  • 225 gram tepung terigu protein rendah/sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt baking powder double acting
  • 30 gram coklat bubuk
  • 225 gram gula pasir
  • 3 sdm susu cair
  • Topping (aneka selai sesuai selera, saya pakai selai blueberry)

Waktu : 55 menit

Porsi : 5 Orang

Resep Simple Chocolate Sponge Cake dengan Blueberry Topping Baru liat resep ini di blog JTT lsg penasaran dan coba eksekusi. Foto seadanya krn baby Sita nangis, tp soal rasa enak suami suka. Maklum utk hsil maksimal sy kurang krn sy newbie d dunia perbakingan. Kue ini buatnya gampang dan di jamin berhasil. Sy aja buatnya baru prtama kali tp lsg jadi asal ikutin step2nya dgn baik. Happy baking 🙂