Cara membuat Serabi Kocor Teflon : Lemes, resep

  1. Tuangkan 2 sachet santan instan,tambahkan air hingga 300mili. Rebus bersama daun pandan, aduk hingga mendidih. Matikan api
  2. Campur tepung beras, terigu, gula, garam dalam satu wadah. Tuangi dengan rebusan santan panas tadi. Keplok2 selama 20 menit ya. Keplok2 ala saya itu aduk adonan pake sendok biasa dengan teknik kayak ngaduk adonan telur dadar pake daun bawang. Aduk2 sambil diangkat2 gitu
  3. Diamkan adonan selama sejam. Setelah sejam, panaskan teflon dengan diameter paling kecil. Nyalakan api sedang. Tunggu sampai teflon benar2 panas. Tuangkan adonan serabi. Jangan terlalu tebal ya...
  4. Setelah muncul gelembung2, dan permukaannya kering, coba dengan sendok kecil intip bagian bawahnya. Kalo sudah kecoklatan, siap angkat. Begitu seterusnya sampai adonan habis. Nggak usah ditutup ya Bun. Oiya kalo api terlalu kecil, si serabi enggak bakalan muncul tuh pori2 dipermukaannya. Artinya dari segi rasa akan kurang enak
  5. Untuk bikin kuah kocornya, rebus setengah sachet santan instan yang ditambahkan segelas air. Masukkan setangkup gula merah(ukuran bisa beda2), tambahkan bila suka manis. Jangan lupa sejumput garam dan daun pandannya. Kalo ditambah irisan nangka, lebih mantep lagi tuh. Saya pribadi suka kuah kocor yang tidak terlalu kental. Bagi yang suka kental ya silahkan dikurangi saja takaran airnya. Setelah mendidih, matikan. Siap untuk dituang ke atas serabi.

Bahan-bahan dalam resep Serabi Kocor Teflon : Lemes diatas adalah sebagai berikut

  • Air
  • 1 tangkup Gula Merah
  • sejumput Garam
  • 1/2 sachet Santan Instan
  • Daun Pandan
  • Air
  • 2 sachet Santan [email protected]
  • Bahan Kocor (kinca Gula Merah):
  • 1/2 sdt Terigu
  • 1 lbr Daun Pandan
  • sejumput garam
  • 1 sdm peres Gula Pasir
  • 120 gram Tepung Beras
  • Bahan Serabi:

Waktu :

Porsi : 10 porsi Orang

Resep Serabi Kocor Teflon : Lemes Serabi ato Surabi?tergantung daerahnya ya hehe. Kalo Jogja ada serabi, yang khas ya Serabi Kocor, rasa orisinil. Bikinnya pake wajan tanah, asli enak dengan aroma khas. Apa daya, punyanya teflon. Ayuklah eksekusi, mengobati rasa rindu, mirip2lah ama yang orisinil Jogja hahaha