Cara membuat Resep Puding Karamel Kue Keranjang, resep

  1. Siapkan cetakan puding. Bilas cetakan puding tersebut dengan air, biarkan basah. Sisihkan.
  2. Untuk membuat karamel, panaskan air, masukkan gula pasir, aduk di atas api kecil hingga menjadi karamel. Tuangkan karamel ke dalam cetakan puding. Sisihkan.
  3. Dalam panci, rebus susu cair full cream bersama gula, gunakan api yang kecil, masak sampai gula benar-benar larut. Masukkan kue keranjang, vanili, dan agar-agar, aduk dengan cepat hingga adonan mengental. Gunakan spatula untuk mengaduknya. Ambil sedikit adonan agar, campur dengan kuning telur, aduk cepat hingga rata. Tuangkan telur kocok barusan ke dalam adonan susu, aduk-aduk sampai semuanya rata, angkat.
  4. Tuang adonan agar-agar ke tiap cetakan tadi yang sudah diberi karamel, masukkan ke dalam kulkas jika uapnya sudah berkurang.

Bahan-bahan dalam resep Resep Puding Karamel Kue Keranjang diatas adalah sebagai berikut

  • Bahan Karamel:
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdm ekstrak vanili
  • 100 ml air
  • 100 gram kue keranjang, potong-potong sesuai selera
  • 2 kuning telur ayam
  • 75 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
  • 600 ml susu cair full cream

Waktu : 30 menit

Porsi : 3 Orang

Resep Resep Puding Karamel Kue Keranjang Dalam resep puding karamel kue keranjang ini saya menggunakan susu cair full cream agar rasa puding lebih gurih. Anda bisa mengganti susu cair full cream dengan SKM alias susu kental manis yang dicampur dengan air. Karena susu kental manis sudah manis rasanya, kurangi penggunaan gula pasir agar puding tidak terlalu manis rasanya. Perhatikan wadah tahan panas atau ramekin yang akan digunakan untuk mencetak puding, jangan lupa untuk selalu membilasnya bahkan biarkan basah agar puding tidak nempel atau rapat ke wadah. Saya punya pengalaman nggak enak nih waktu pertama kali membuat pudingkaramel kue keranjang ini. Mungkin karena saya memang termasuk pelupa, saya lupa membilas dulu cetakan-cetakan puding unyu-unyu yang saya siapkan. Dengan serba cepat alias terburu-buru membuat puding ini, saya malah fokus ke pembuatannya saja. Sudah siap bahan-bahan puding karamel kue keranjang, langsung deh eksekusi segera dilakukan. Potong-potong dulu kue keranjang, lalu membuat karamelnya dan langsung dimasukkan ke dalam cetakan-cetakan puding yang kering tak dibilas. Selanjutnya adalah merebus susu, gula, kue keranjang dan agar-agar, mengaduk-ngaduk sebagian adonan agar dengan kuning telur lalu memasaknya kembali sebentar, dituangkan lagi ke cetakan-cetakan puding yang sebelumnya diisi karamel. Dengan pedenya dimasukinlah cetakan puding tersebut ke dalam kulkas biar cepat dingin, dan taraaaa... ketika puding coba dikeluarkan dari cetakan dengan susah payahnya, bagian paling bawahnya rapet petpetpet, dong, hihihi. Akhirnya, itu puding dimakan langsung pake cetakannya. Karamelnya sendiri nggak bisa lepas, jadi hanya bisa menikmati bagian pudingnya saja. Alhamdulillah, itu juga ya, masih ada yang bisa dimakan, hehe. Sebetulnya cukup dua kata untuk mewakili rasa puding karamel kue keranjang ini, enak banget! Puding ini bisa menjadi camilan untuk keluarga atau menjamu tamu atau untuk acara kumpul bersama keluarga besar. Dinikmati si kecil di rumah juga bisa karena mengandung susu dan telur yang baik untuk tubuh. Berikut ini resep lengkapnya ya, selamat mencoba.