Cara membuat Ombre Cake in Jar, resep

  1. Persiapkan bahan-bahannya yah.. Tepung+susu bubuk+vanili diayak jadi satu. Minyak goreng+SKM diaduk jadi satu. Seperti di foto saya.
  2. Mixer telur+gula+SP hingga kental berjejak. Kalau saya pakai mixer phillips kurang lebih 8-10 menit. Lalu masukkan ayakan tepung dan campuran minyak sayur bergantian dengan speed paling rendah. Lalu matikan mixer, dan aduk balik dengan spatula saja hingga rata. Bagi adonan menjadi 3 warna.
  3. Masukkan masing2 warna ke dalam piping bag/contong plastik segitiga supaya mudah dan rapi saat dimasukkan ke dalam jar.
  4. Semprot adonan dengan warna paling gelap lebih dulu. Saya pakai warna coklat tua paling bawah.
  5. Kukus jar berisi adonan selama 5 menit.
  6. Lakukan terus hingga adonan habis. Terakhir kukus adonan selama 20 menit. Angkat. Hasilnya seperti ini. Ada yang naik adonannya.. tapi nggak masalah.. karena kalau bagian atasnya agak ditekan, kue langsung rata 😉 karena bagian atas akan saya hias dengan whip cream.
  7. Ombre cake in jar nya udah jadi.. tinggal dihias dengan whip cream kocok n diberi choco chips. Cantiiikk deh..
  8. Ini penampakan bagian dalamnya. Langsung saya sendok. Kan kali ini trial n error, jadi boleh dong langsung disantap. Hehehe.. kelihatan gradasinya kok kalau disendok. Mungkin kalau dari luar tak begitu nampak. Abis disendok gini.. langsung deh dicicipin. Enaakk lhoo.. lembutt..manisnya pas menurut saya.
  9. Sekedar informasi.. saya pakai jar selai kecil dengan diameter 5 cm, tinggi 8 cm. Untuk 1 resep ini bisa jadi 10 jar. Siippp.. Recomended ini buat para sis or bund yang pgn bikin cake in jar kukus 😉 Happy Baking!

Bahan-bahan dalam resep Ombre Cake in Jar diatas adalah sebagai berikut

  • 190 gr Gula Pasir (saya pakai 180 gr aja)
  • 1/2 sdm vanili bubuk (ayak)
  • 150 ml minyak sayur
  • 150 gram Tepung Kunci (ayak)
  • 1 sachet Susu Bubuk (ayak)
  • Secukupnya whip cream kocok n choco chips untuk topping
  • 1 sachet Susu Kental Manis
  • 1 sdt SP/TBM
  • 4 butir Telur Ayam

Waktu : 60 menit

Porsi : 10 Orang

Resep Ombre Cake in Jar Cake in jar ini sebenarnya untuk acara bulan depan, saya mau kasih ke teman2 kantor. Tapi karena sebelumnya nggak pernah sama sekali bikin cake in jar..makanya hari ini saya eksekusi untuk trial n error. Nggak kebayang aja kalau harus mengukus cake layer demi layer dalam sebuah jar kecil. Tapiii setelah saya lihat hasilnya n rasanya... Overall saya puas dengan hasilnya. Basic kue nya dari rainbow cake nya Ci Tintin 🙂 Thanks cici cantiiikk.. recomended n cocok untuk hantaran ke handai taulan. Yuks cuss stepnya.