Cara membuat Ogura berempah (ogura bumbu spekuk), resep

  1. Siapkan loyang yg sdh diberi alas kertas roti dan diolesi margarin, panaskan oven 200 derajat 10 menit.
  2. Bahan A : dlm wadah campur kuning telur dan telur utuh kocok dgn whisker lalu beri susu cair aduk2 lalu masukan minyak sayur aduk hingga rata. Masukan terigu secara bertahap dan bergantian dgn gula palm dan bumbu spekuk aduk hingga tercampur rata tp jgn over mix. Sisihkan.
  3. Bahan B : kocok putih telur dan air jeruk nipis dgn mixer stlh berbusa masukan gula pasir sbyk 3 tahap, kocok 3 menit hingga soft peak. matikan mixer.
  4. Masukan bahan B kedlm bahan A sedikit demi sedikit aduk rata dgn teknik aduk lipat, ingat jgn overmix. Tuang kdlm loyang dan hentakan loyang agar gelembung udara hilang. Panggang dgn teknik au bain marie (loyang kue diberi alas loyang yg lebih besar dan diberi sedikit air)===> teknik ini yg bikin ogura jd moist, mgkn utk cake yg cuma pake putel lebih bagus pake teknik ini biar moist hehe mgkn loh ya, saya blm pernah coba ntar lah kpn2 saya coba. Oh iya, panggang 55 menit suhu 170 derajat (oven sesuaikan)
  5. Tes tusuk, bila sdh matang keluarkan dr loyang dinginkan pd rak pendingin, potong2 bila sdh benar2 dingin.... dan anak saya sdh gak kuat nunggu saya potong kuenya hihi... aromanya itu loh wangi bgt bikin pingin gigit. Stlh saya potong dlm wkt singkat ogura ini sdh tinggal 6 potong di piring.... enak sih lembut. Krn itulah saya suka bikin ogura soalnya cepat habis gak nyisa berhari hari.
  6. Yuk...dicoba di dapur masing2, krn mudah bgt buatnya dan gak mkn waktu lama persiapannya 15 menit ogura dah bs masuk oven, bisa ngerjain yg lain deh sambil nunggu ogura masak... ^_^
  7. Lembut moms teksturnya...

Bahan-bahan dalam resep Ogura berempah (ogura bumbu spekuk) diatas adalah sebagai berikut

  • 1 sdt bumbu spekuk (bs jg bubuk kayu manis)
  • 40 ml minyak sayur
  • 1 telur utuh
  • 4 kuning telur
  • bahan A :
  • 80 ml susu cair
  • bahan B:
  • 40 gram gula palm
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 4 putih telur
  • 85 gram terigu protein rendah (saya pake yg terigu serbaguna)
  • 40 gram gula pasir halus (gula castor)

Waktu : 45 menit

Porsi : Orang

Resep Ogura berempah (ogura bumbu spekuk) Ogura lagi yaaa..... hehe, emang sdh jatuh hati sama ogura krn teksturnya yg moist n ringan itulah yg buat saya kepincut sama ogura. Ya kyk ci Tintin Rayner yg seneng bgt sama ogura tp tenang... saya gak akan merebut gelar dia sbg miss ogura wkwkwk... Kali ini bikin yg dgn aroma rempah2 hhmmm wangi bgt deh, secara teknis dasar samalah dgn ogura yg lain hanya ada sedikit beda dipengolahan bahan kuning telurnya. Saya pun dpt ide teknik pd bahan kuning telur itu jg dadakan sembari menyiapkan bahan2nya ya sambil mikir gmn nih cara pencampurannya dan.... yuk simak caranya.... ^_^