Cara membuat Mewarnai & Melapisi Kue dengan Fondant, resep

  1. Mewarnai Fondant marshmallow (aslinya putih): Teteskan campuran warna ke atas adonan yang sudah sedikit dipipihkan.
  2. Lipat fondant beberapa kali agar warna terperangkap di tengah dan tidak berceceran.
  3. Pilin-pilin atau uleni jika adonannya besar agar warna tercampur rata. Ulangi sampai didapatkan warna yang diinginkan. Note: Untuk warna gelap atau tua, campurkan fondant dengan bubuk coklat sampai fondant berwarna coklat terlebih dahulu, baru berikan warna.
  4. Menyiapkan kue (sebaiknya 1 hari sebelumnya): Lapisi kue dengan buttercream atau coklat ganache, dan ratakan sampai rapih sempurna menggunakan scrapper. Dinginkan dalam lemari es, jangan lupa ditutup plastic wrap dulu agar higienis. (Maaf foto contoh yang cake besar hilang jadi ini memakai kue kecil untuk kue gunung berapinya si kecil hehe).
  5. - Siapakan kue di atas lapisan kertas minyak dan diletakkan di atas lazy susan (alas yang bisa berputar). -Taburi meja seluas-luasnya ukuran akhir yang diinginkan dengan maizena. Diameter akhir fondant= (tinggi kue x 2) + diameter kue lalu lebihkan beberapa cm untuk mendapatkan luas area fondant yang cukup untuk mengcover seluruh permukaan kue. - Giling fondant sampai ketebalan kira-kira saja 0.5cm. Kalau terlalu tebal boros dan susah dibentuk, kalau terlalu tipis mudah robek. - Sesekali angkat fondant dari meja dan putar letaknya untuk mencegah fondant lengket pada permukaan meja dan untuk memastikan gilingan yang rata.
  6. Jika kuenya kecil, angkat fondant cukup dengan disampirkan di atas tangan. Nah makanya sebelum pengerjaan tangan harus di cuci bersih-bersih dan pakai antiseptik kalo perlu hehe. Kuku tidak boleh panjang, meja harus bersiiih, aku selalu lapisi kertas minyak karena sekali pakai buang.
  7. Jika kuenya besar, gulung kesuluruhan fondat dengan rolling pin. Foto diambil dari http://www.willcookforshoes.ca/rolled-fondant-it-really-is-that-easy/
  8. Dikira-kira posisi sudah pas, tahan napas, lalu turunkan bagian tengah fondant ke atas permukaan kue. Jatuhkan bagian sisi perlahan-lahan. Nah sudah boleh tarik napas hehe. Becanda kok. Silahkan napas nanti pingsan lho, repot kan.
  9. Merapihkan bagian sisi: - Pijat dengan halus dari atas ke bawah, sambil bagian fondant yang menjuntai di kibas-kibas keatas ke bawah seperti merapihkan taplak. _ Lakukan ini ke seputaran sisi kue, inilah gunanya lazy susan.
  10. Ratakan menggunakan smoother, hindari menggunakan jari karena bentuk tidak akan rata sempurna. Tekan bagian sudut bawah agar mudah dipotong (kalau mau dipotong).
  11. Kebetulan di contoh ini saya biarkan cake boardnya tertutup fondant jadi tinggal memotong sisa yang tidak terpakai dengan cutter wheel atau pisau.
  12. Rapihkan lagi semuanya menggunakan smoother.

Bahan-bahan dalam resep Mewarnai & Melapisi Kue dengan Fondant diatas adalah sebagai berikut

  • Buttercream
  • Peralatan wajib: Roller fondant, smoother, scrapper, fondant tools, cutter wheel.
  • Kue yang cukup kuat menahan beban fondant seperti lapis Surabaya, Chocolate Ganache, Red Velvet, sponge cake yang teksturnya padat, dll,
  • Fondant

Waktu : 30 menit

Porsi : 1 Orang

Resep Mewarnai & Melapisi Kue dengan Fondant Akhirnya setelah ngendon berbulan-bulan foto tutorialnya, aku upload juga deh ke sini. Memang cuma perlu niat haha. Resep marshmallow fondant ada di sini: https://cookpad.com/id/resep/186066-marshmallow-fondant-bahan-dasar-fondant-dari-marshmallow?ref=recipe