Cara membuat LUPIS, Simple but Yummy!!, resep

  1. Rendam beras ketan dengan air (beras terendam semua) . Biarkan minimal 2-3jam (lebih bagus lagi semalaman)
  2. Lemaskan daun pisang diatas kompor agar mudah dibentuk
  3. Bentuk corong lalu masukkan 2sdm beras ketan (yang sudah direndam air sebelumnya) ke setiap masing-masing corong
  4. Lipat daun pisang menutupi mulut corong, lalu lipat hingga berbentuk segitiga
  5. Rekatkan lipatan dengan tusuk gigi atau tali agar tidak terbuka saat direbus. Note: harus terkunci/rekat dengan rapi!
  6. Masukkan lipatan ketan kedalam air rebusan yang sudah banyak uapnya. Rebus minimal 1jam (hingga mengambang).
  7. Sambil menunggu rebusan ketan matang, siapkan panci berisi air matang 150ml, tambahkan 100gr gula merah sisir, 50gr gula pasir , daun pandan simpul. Aduk hingga rata . Tes rasa jika ingin lebih manis bisa menambahkan gula merah atau gula pasir sesuai selera. Jika sudah mendidih. Angkat. Tuang dalam wadah
  8. Sembari mengerjakan air gula merah. Kukus 50gr kelapa parut beri sejumput garam dan daun pandan simpul (saya mengukusnya dalam ricecooker selagi ricecooker menyala)
  9. Angkat lipatan ketan dari panci rebusan, tiriskan hingga hangat bisa dibuka pembungkusnya. Gulingkan lupis dalam kelapa parut yang sudah kita kukus sebelumnya, lalu siram dengan kuah gula merah. Sajikan Selamat mencoba

Bahan-bahan dalam resep LUPIS, Simple but Yummy!! diatas adalah sebagai berikut

  • 50 gr kelapa parut
  • 2 bh Daun pandan , simpulkan
  • Air
  • 50 gr gula pasir
  • 100 gr gula merah ,sisir
  • 100 gr beras ketan putih

Waktu : 180 menit

Porsi : 3 Orang

Resep LUPIS, Simple but Yummy!! Lupis adalah makanan tradisional indonesia, hanya saja dijaman sekarang semakin sulit menemukan penjual makanan ini. Dulu Lupis menjadi sarapan rutin yang diberikan Ibu dari hampir setiap pagi dihari Minggu. Kehangatan kebersamaan saat sarapan pagi bersama keluarga (terkhusus rebutan kuah gula merahnya hahaha.. ) terbuat dari ketan dan semua bahannya baik untuk tubuh. Terima kasih ibu..selalu menjaga kesehatan keluarga dalam setiap masakanmu.