Cara membuat Lempeng Sagu + Pisang Original Warisan Nenek, resep

  1. Campurkan semua bahan, tepung sagu, pisang, kelapa parut, gula merah dan garam. Aduk sampai rata, kemudian masukkan air, aduk sampai gula hancur.
  2. Siapkan wajan, olesi dengan sedikit minyak. Alasi dengan selembar daun pisang, tuangkan 3 sendok sayur adonan, tipiskan dengan menggunakan sendok sayur. Setelah itu tutupi lagi dengan selembar daun pisang, kemudian tutup rapat dengan tutup panci kalau perlu di kasih tindihan yg agak berat.
  3. Masak dengan api kecil, sesekali buka penutup dan balik lempeng, tusuk2 sedikit dengan spatula dan beri sedikit air jika adonan di dalam masih mentah.
  4. Jika sekira sudah matang, angkat hasilnya akan seperti ini. Terlihat bagian atasnya kenyal, namun sebenarnya bagian bawahnya kering.
  5. Saat menyajikany lipat lempang seperti gambar ini, kelihatan tekstur bagian bawahnya.

Bahan-bahan dalam resep Lempeng Sagu + Pisang Original Warisan Nenek diatas adalah sebagai berikut

  • 5 biji pisang kepok atau talas ataupun bisa diganti dengan pisang yg lainnya
  • secukupnya daun pisang
  • 1 1/2 sdt garam
  • 250 gr sagu basah / tepung sagu
  • 200 ml air panas
  • 100 gr kelapa parut
  • 100 gr gula merah
  • secukupnya minyak goreng

Waktu : 30 menit

Porsi : 6 Orang

Resep Lempeng Sagu + Pisang Original Warisan Nenek Ibuku meninggal sejak aku berumur 6 tahun, semenjak itulah aku di asuh oleh nenekku dan menetap bersamanya sebelum akhirnya kembali ke Kota bersama ayah dan ibu tiriku. Hidup bersama nenek selama 5 tahun aku di ajarkan kesederhanaan. Bersama nenek, hampir setiap hari aku terbiasa dengan masakan beliau yang bisa dibilang pada saat ini sudah sangat JaDuL dan mungkin hampir punah. Ini adalah salah satu resep kudapan warisan alm nenekku yang saat ini bahkan anak2 beliau pun sudah tidak pernah membuatnya lagi. Soal rasa...Bagi anak muda zaman sekarang tentu saja rasanya mungkin agak aneh, tapi bagi saya dan pecinta kuliner bahari kudapan ini lezat dan bikin kenyang karena terbuat dari sagu...inilah resepnya... 🙂