Cara membuat :: Lapis Singkong/Sentiling (pakai santan) ::, resep

  1. blender semua bahan (kecuali pewarna)
  2. bagi adon menjadi 3 bagian sama rata
  3. beri masing masing bagian dengan warna yang berbeda.
  4. siapkan dandang dan tunggu sampai panas
  5. masukan loyang yang sudah dialasi dengan menggunakan kertas minyak (saya memilih pakai kertas minyak daripada plastik)
  6. masukan adonan pertama. tunggu 20 menit
  7. masukan adonan kedua tunggu 15 menig
  8. masukan adonan ketiga. tunggu 20 menit
  9. cek sudah matang belum. tandanya matang adalah udah gak lembek ya...:D
  10. matikan api dan hilangkan uap panasnya.
  11. masukan ke dalam kulkas untuk mempermudah pemotongan.
  12. potong dengan menggunakan pisau yang dibungkus plastik
  13. kukus kelap parut dengan ditambahi garam terlebih dahulu. kira kira 10 menit deh
  14. lalu lapis yang sudah dipotong potong digulung gulung ke kelap parut.
  15. siap dihidangkan

Bahan-bahan dalam resep :: Lapis Singkong/Sentiling (pakai santan) :: diatas adalah sebagai berikut

  • kelapa parut secukulnya (kukus selama 10 menit sebelumnya tambahin garam sedikit lalu aduk rata dulu ya)
  • 180-200 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 bungkus vanili kecil
  • 3 macam pewarna makanan
  • 250 santan (kuganti dengan 250 air + 1 bks kara kecil)
  • 1 bungkus agar agar
  • 800 gr singkong parut

Waktu : 120 menit

Porsi : 24 Orang

Resep :: Lapis Singkong/Sentiling (pakai santan) :: source : diah didi horeey....akhirnya aku bisa bikin kue ini. kalo di mbak sayur suka ada. 1000 an. tak tanya bahannya dari apa...katanya sib dari singkong. jalan jalan ke blognya mbak diah didi. mbak diah didi nyebutnya lapis singkong karena pakai santan. kalo aku nyebutnya tetep sentiling gpp ya mbak...hehe..kalo papanya syifa malah nyebutnya getuk...:p bikinnya yang bikin ribet sih sebenernya ngupasnya. hahahaha...embuh nih...ngupas singkong atau ketela menurutku tuuh pekerjaan yang meribetkan...,:p pekerjaan memarut kelapa ku serahka kepada mas blender. nguuung....selesai lalu diperes pake serbet bersih. dah tinggal di tambahin bahan yang lain...diaduk aduk jadi deh warna sentilingku kurang ngejreng ya..kawan. takut dan ragu pakai pastanya. takut apa? satu takut kalo warnyanya terlalu terang hasil dari kebanyakan netesin pewarnya. kedua takut rasanya aneh. kata mbak diah didi di blognya...kalo lapis singkong pakai pewarna aja...kalo pakai pasta takutnya rasa singkongnya ilang... aku pakai pasta pandan untuk warna hijau ; pasta durian untuk warna kuning dan pasta strawberry untuk warna merahnya. hasilnya enak...rasanya campur campur..:D besok lagi kalo bikin aku mau tambah tetesan untuk pewarnanya, jadi 2 tetes deh..tetus bakal kutimbang sama rata pas mbagi adonannya biar ketebelannya sama. punyaku ini yang kuning lebih tipis. adonannya paling sedikit soalnya... minggu depan ketiban arisan perumahan mau bikin ini ajah ah...tapi masih bingung antara di mika atau ditusuk sate.. dah aah...mau bobok dulu...siapa tau dapat wangsit..mau dikemas pake mika atau tusuk sate...hahahaha...