Cara membuat Lapis Legit Gulung, resep

  1. Mixer kuning telur, gula pasir dan vanilli sampai warna berubah pucat dan mengembang. Sisihkan.
  2. Lapisi loyang 20x20 cm dengan kertas roti kemudian oles kertas dengan mentega.
  3. Di wadah yang berbeda kocok mentega dan SKM hingga warnanya berubah pucat. Panaskan oven.
  4. Campur tepung terigu dengan spekoek, ayak di atas kuning telur yang sudah di mixer. Campur dengan spatula sampai benar-benar tercampur.
  5. Masukkan mentega yang sudah dimixer dengan mentega sedikit demi sedikit. Saya ambil pakai spatula kemudian saya campur sampai rata, baru saya ambil adonan mentega lagi.
  6. Ambil adonan dengan spatula (kira-kira tebal lapisan yang diinginkan), masukkan ke loyang. Ratakan permukaannya dengan spatula. Oven selama 15-20 menit.
  7. Jika permukaan terlihat sudah agak mengering, keluarkan loyang. Olesi permukaan dengan mentega dan tekan-tekan permukaannya. Timpa dengan adonan lagi, ulangi sampai adonan habis.
  8. Saya hanya sampai 3 lapis dan saya memanggang menggunakan api atas.
  9. Sebenarnya ide menggulung lapis legit keluar ketika melihat hasil akhirnya yang tipis. Maka saya langsung menggulung lapis legit tersebut dan saya masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
  10. Setelah set, potong dan hidangkan.

Bahan-bahan dalam resep Lapis Legit Gulung diatas adalah sebagai berikut

  • 1/4 sdt ekstrak vanili
  • 100 gram gula pasir
  • 40 gram tepung terigu (saya pakai Ca**a K***ar Premium)
  • 2 saset SKM putih
  • tambahan margarin untuk olesan
  • 1 pucuk sdm spekoek
  • 160 gram mentega (seharusnya butter)
  • 8 buah kuning telur

Waktu : 180 menit

Resep Lapis Legit Gulung Melihat beberapa telur di kulkas jadi teringat resep lapis legit yang konon memerlukan banyak kuning telur. Bismillah..... dengan bahan seadanya mencoba membuat lapis legit. Saya addopt resep mbak Winda Prameswari dengan beberapa penyesuaian bahan yang tersedia di rumah. Karena tidak punya butter saya menggunakan Bl** B**nd Cake and Cookie.