Cara membuat Lamington Cake Versi Kukus ala inna, resep

  1. Baca doa terlebih dahulu sebelum masak agar hasil masakannya bagus :peace
  2. Siapkan bahan & peralatan memasak
  3. Oles loyang dengan minyak sayur dan tepung terigu (saya memakai loyang loaf 18*7*7)
  4. Pecahkan 2 telur dalam wadah, kocok dengan speed tinggi sampai berbusa, kemudian tuang gula pasir sedikit. Kocok hingga warna berubah pucat (saya butuh waktu 5 menit)
  5. Jadikan satu (tepung terigu, kopi dan coklat bubuk) kemudian ayak diatas adonan telur tadi. Gunakan mixer speed rendah untuk mengaduknya dan jangan lama cukup sampai tercampur atau bisa menggunakan spatula saja.
  6. Sambil mengaduk adonan, lelehkan 2 sdm margarin dan tgg sampai agak dingin lalu campurkan ke adonan coklat tadi
  7. Siapkan panci, isi air sampai batas terbawah panci, masukkan sarangannya dan lapisi tutup panci dengan serbet agar uap tidak jatuh ke kue
  8. Masukkan adonan kedalam loyang dan hentakan loyangnya.
  9. Jika air dipanci sudah mendesis panas, maka masukkan adonan kue kedalam panci dan kukus selama 25 menit. Lakukan tes tusuk untuk mengecek apakah kue sudah matang/belum?
  10. Jika sudah matang angkat kue dan dinginkan. Selama menunggu kue dingin, lelehkan dcc dan margarin aduk, cukup sampai meleleh saja jangan dibiarkan sampai bergolak. Untuk kelapa keringnya saya beli kelapa parut dipasar dan sangrai sendiri dirumah sampai kering.
  11. Tunggu sampai setengah dingin, oles/siram kue dengan coklat leleh dan taburi sekeliling kue dengan kelapa parut kering. Selamat menikmati cemilan ini, bisa disandingkan dengan teh manis/teh pahit.
  12. Catatan : 1. Karna saya tidak suka manis maka untuk ukuran gula diatas cukup bagi saya. Kalau yang suka manis silahkan di tambah gulanya atau hilangkan coklat bubuknya. 2. Untuk takaran saya memakai sendok takar/sendok ukur. 3. Ternyata kue baru kerasa manis setelah nginep didalem kulkas semaleman.

Bahan-bahan dalam resep Lamington Cake Versi Kukus ala inna diatas adalah sebagai berikut

  • 1 sdm Coklat Bubuk
  • Topping :
  • 25 gr (1 sachet) Kopi Capuccino
  • Secukupnya DCC
  • Secukupnya Kelapa parut kering
  • 3 sdm Gula Pasir
  • 2 btr Telur Ayam
  • 6 sdm Tepung Terigu
  • 2 sdm Margarin
  • 1 sdm Margarin

Resep Lamington Cake Versi Kukus ala inna Kue ini saya buat khusus untuk anak saya karna sejak siang minta jajan tapi karna mamanya sedang tidak enak badan maka tidak saya kabulkan. Dengan niat yang maju mundur maka dengan memantapkan hati saya kewarung beli beberapa bahan karna persediaan dirumah habis. Saya ubek ubek panutan saya dalam memasak setiap hari yaitu cookpad #noperez, baca puluhan resep sampai akhirnya ngarang sendiri saja dan takarannya pun mudah cuma pake sendok takar, maka jadilah kue ini yang saya buat dengan segenap rasa sayang dan kekuatan saya (bukan kekuatan super kaya super hero hahaha). Memang ya kasih ibu itu juara tanpa batas ruang dan waktu dan pasti mama saya juga melakukan hal yang sama terhadap anaknya (baru ngerasain perjuangan seorang ibu setelah punya anak, semua berubah setelah punya anak). Hatur nuhun mama dan bapak atas segenap perjuangan jiwa raganya, semoga sehat selalu aamiin. Mohon maaf kalau tidak sesuai pakem lamington cake nya :peace Setahu saya lamington cake adalah kue yang tidak sengaja tercipta karena kesalahan seorang chef yang menjatuhkan cake kedalam lelehkan coklat, agar kuenya tidak lengket saat dipegang maka dibalutlah dengan kelapa kering (lengkapnya silahkan googling sendiri). Memang ajib kue ini. Manis kue berpadu dengan gurih kelapa. Silahkan dicoba ya!!!