Cara membuat Kukis Gelang (Kue Gelang), resep

  1. Sangrai kacang tanah, kemudian cincang kasar. Tergantung selera, jika suka kacangnya halus, silahkan diblender.
  2. Campurkan gula merah dan air ke dalam panci, lalu masak sampai agak kental. Matikan api. Saring gula merah, kemudian biarkan sebentar hingga uap panasnya hilang, lalu campurkan kacang sangrai. Biarkan hingga hangat.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, jangan langsung semuanya, karena 1 kg bisa tidak terpakai semua untuk adonan ya. Adonannya memang agak lembek dan lengket. Sisa tepung akan ditambahkan pada adonan, saat membentuk menjadi seperti gelang.
  4. Ambil sedikit adonan, tambahkan tepung sampai bisa dibentuk, lalu gulung2 dan bentuk seperti gelang. Letakkan pada loyang yg sudah ditaburi tepung. Lakukan sampai adonan habis. Siap digoreng.
  5. Siapkan adonan tepung kurang lebih 3 sdm dan air kurleb 1/2 gelas tinggi, tambahkan sedikit garam jika suka. Dilihat adonannya ya, jika msh terlalu kental, tambahkan air, sebaliknya jika terlalu cair, tambahkan tepung. Kue akan dicelupkan ke adonan ini sesaat sebelum digoreng. Mohon maaf untuk step ini saya gak punya fotonya. Lupa.
  6. Panaskan minyak, kemudian celupkan kue gelang ke adonan tepung dan air tadi, lalu goreng hingga matang. Untuk menghasilkan kue gelang yg renyah di luar dan lembut di dalam, menggorengnya jangan terlalu lama. Tapi ini tergantung selera sih ya. Jika suka kue yg renyah, boleh digoreng agak lama. Silahkan dicoba.

Bahan-bahan dalam resep Kukis Gelang (Kue Gelang) diatas adalah sebagai berikut

  • 1 kg tepung terigu
  • 500 gr kacang tanah
  • 750 gr gula merah kwalitas baik
  • 3 gelas air
  • minyak untuk menggoreng

Resep Kukis Gelang (Kue Gelang) Resep Oma yg sedap tiada tara