Cara membuat Kue Kremes, resep

  1. Kupas dan cuci bersih ubi jalar lalu parut menggunakan parutan keju yang berlubang besar.
  2. Masukkan ubi jalar parut kedalam bahan rendaman. Langkah ini untuk mencegah perubahan warna ubi jalar menjadi kehitaman. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tiriskan 120 gram ubi jalar dari bahan rendaman lalu goreng hingga kering (agak mengeras dan berwarna kecokelatan). Aduk sesekali saat menggoreng untuk memisahkan ubi jalar yang saling melekat.
  4. Setelah ubi jalar mengeras, tambahkan 2 sendok makan gula merah. Aduk rata hingga gula larut lalu tiriskan.
  5. Ambil adonan kue kremes secukupnya kedalam mangkuk kecil
  6. Lalu tumpuk dengan mangkuk lain yang sama ukurannya. Tekan sedikit mangkuk bagian atas hingga kue kremes dibawahnya menjadi lebih pipih dan padat.
  7. Lepas mangkuk bagian atas, lalu balik mangkuk yang berisi kue kremes tadi kesebuah wadah. Maka kue kremes akan terlepas dengan sendirinya. Biarkan dingin dan mengeras. Lakukan proses mencetak ini dengan cepat karena kue kremes cepat sekali mengeras. Ulangi langkah 3-7 hingga adonan habis.
  8. Waktunya makaaan ^^

Bahan-bahan dalam resep Kue Kremes diatas adalah sebagai berikut

  • 1500 ml air
  • 120 ml minyak untuk menggoreng
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 400 gram ubi jalar
  • Bahan rendaman (aduk rata):
  • 7 sendok makan gula merah, iris tipis

Waktu : 40 menit

Porsi : 7 Orang

Resep Kue Kremes Kue kremes yang dibuat dari ubi jalar ini rasanya manis dan 'kres-kres' bila digigit. Karena bentuknya yang mirip sarang burung keemasan, maka orang Jawa menyebutnya carang emas/gerubi. Sementara, orang Sumatera menyebutnya sarang balam. Sebenarnya dalam membuat #JajananTempoDoeloe ini, ubi jalarnya dipotong tipiis memanjang, supaya ada efek sarang burungnya pas sudah jadi dan juga memberi sensasi renyah saat digigit.. tapi apa daya.. diriku tak pandai dalam hal yang tipis2, jadi pake parutan keju deh.. hehehe..