Cara membuat Ketan Srikaya Klasik, resep

  1. Pertama, kukus beras ketan dengan air mendidih selama 10 menit. Sementara itu didihkan 1 bungkus santan kental, 50 ml air, daun pandan, dan sdt garam, aduk rata. Matikan api. Masukkan beras ketan yang telah dikukus ke dalam rebusan santan, aduk aduk hingga meresap. Didihkan air dalam dandang kembali, masukkan aronan beras ketan, kukus 30 menit hingga matang.
  2. Campur gula aren, telur, 2 bungkus santan, gula pasir dan garam, aduk hingga gula larut. Saring.
  3. Ambil ketan yang masih hangat, masukkan dalam loyang, atau cetakan yang telah dioles minyak goreng tipis tipis. Isi separuh tinggi cetakan saja ya?Padatkan. Saya memakai cetakan bunga bunga sebanyak 12buah, sisanya saya masukkan ke dalam loyang uk 16x8, setinggi 2cm. Tuang adonan srikaya.
  4. Kukus ketan srikaya dalam dandang air mendidih, 30 menit. Bungkus dandang dengan kain lap, agar embun uap air tidk jatuh ke ketan. Biarkan agak dingin, baru keluarkan dari cetakan.

Bahan-bahan dalam resep Ketan Srikaya Klasik diatas adalah sebagai berikut

  • 4 butir telur
  • 3 sdm gula pasir
  • secukupnya garam
  • 300 gr beras ketan, rendam 2 jam
  • 3 bungkus santan instan 90ml
  • daun pandan, simpulkan
  • 150 gr gula aren, sisir halus

Waktu : 90 menit

Porsi : 4 Orang

Resep Ketan Srikaya Klasik #jajanantempodoeloe Ada sisa ketan dari semar mendem kemarin. Suami pinginnya dibuatin jadah bakar, tapi kalau jadah, anak anak kurang suka. Saya sendiri pinginnya bikin sesuatu yang manis, wajik kayaknya enak, tapi yang lain gak suka wajik, terlalu manis katanya. Harus cari tengah tengahnya nih?. Aha, ketan srikaya aja, gurihnya dapet, manisnya ada. Paduan ketan yang gurih dengan lapisan srikaya yang manis legit, pas banget untuk camilan anggota keluarga. Walau waktu buatnya agak lama, sebenarnya gak ribet lho teman teman. Kan emang ketan agak keras, jadi waktu pengukusan memang lama. Bikinnya sendiri cuma cemplung cemplung doank, gak perlu khawatir bantat deh