Cara membuat Jenang manten Madiun, resep

  1. Masukkan santan dan gula merah ke dalam panci,biarkan mendidih sampai mengental.
  2. Kemudian masukkan tepung ketan,air dan vanilla.aduk sampai merata,bila terlalu menggumpal tambahkan air agar encer dan mudah mengaduknya. Masak di atas suhu kecil agar tidak gosong.
  3. Biarkan meletup-meletup selama satu jam dan sesekali di aduk-aduk gar tidak lengket dan masukkan minyak sedikit demi sedikit.
  4. Setelah satu jam berlalu dan jenang manten terlihat mengental dan menyusut,masukkan ke dalam loyang yang sudah di lapisi plastik.Biarkan menjadi dingin sebelum memotongnya.
  5. Simpan di dalam kulkas selama 5 hari baru kemudian di potong dan sajikan. Rasanya gak jauh dari bikinan orang2 waktu hajatan temanten. Selamat mencoba

Bahan-bahan dalam resep Jenang manten Madiun diatas adalah sebagai berikut

  • 150 gram gula merah
  • 150 gram tepung ketan putih
  • 4 sdm minyak goreng
  • 400 ml santan
  • 800 ml air
  • 1 sachet vanilla

Waktu : 70 menit

Porsi : 10 Orang

Resep Jenang manten Madiun Kangen aja dengan yang namanya jenang yang waktu dulu cuma ada kalau pas mantenan,jadi bikin sendiri aja cuman di sini gak bisa nemu in gula merah kelapa,adanya ya brown sugar cane tapi rasanya juga mantep lho. Waktu ngaduk2 di bantuin sama ibu mertua padahal dia gak tahu aku masak apa,di kira bechamel sauce yang buat lasagna kali hehehe tapi akhirnya jadi juga jenang manten madiun. Disini saya membuat kesalahan dengan memotong jenang manten di saat belum benar2 dingin dan wktu masih lengket2 gtu tapi kalau di biarkan di simpan selama 5 hari di dalam kulkas dan kemudian baru di potong maka bentuk nya akan sempurna.Selamat mencoba ya semua