Cara membuat GETHUK GORENG, resep kue

  1. Buang serat singkong (bagian tengah).
  2. Dalam keadaan masih hangat, tumbuk singkong, gula merah, garam, vanili, sampai halus. Jika ditumbuk dalam keadaan sudah dingin, singkong agak keras dan memerlukan waktu lama untuk menghaluskannya.
  3. Setelah halus tempatkan dalam nampan, bentuk gethuk menjadi bulat/kotak kecil-kecil.
  4. Gulingkan dalam tepung beras kering, sampai habis semua.
  5. Celupkan ke dalam adonan tepung. Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang sampai matang dan kering/coklat tua. Gethuk siap disantap.

Bahan-bahan dalam resep kue GETHUK GORENG diatas adalah sebagai berikut

  • 1 sachet vanili bubuk
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 100 gram tepung beras sebagai taburan
  • 1 sendok teh garam
  • 500 gram singkong yang sudah dikukus (pilih singkong yang empuk)
  • 200 gram tepung beras, cairkan dengan air secukupnya/encer
  • 2 liter minyak goreng

Waktu : 120 menit

Resep Kue GETHUK GORENG "GETHUK GORENG"......Anda yang pernah berkunjung ke kota Purwokerto pasti pernah mencicipi atau sekedar melihat makanan kecil yang manis rasanya, terbuat dari campuran singkong dan gula merah. Dulu saya sering membeli Gethuk Goreng di daerah Sokaraja, Banyumas yang merupakan salah satu sentra pembuatan dan penjualan makanan ini. Lama-lama terpikir untuk membuat sendiri, daripada beli, bahan-bahan juga mudah didapat. Jadilah Gethuk Goreng buatan sendiri yang rasanya tidak kalah legit dengan yang dijual di pasaran. Camilan ini pun sering saya suguhkan kepada tamu yang datang ke rumah, atau sebagai teman minum teh di sore hari, disajikan pada saat ada arisan, pertemuan RT, dll yang sering diadakan di rumah. Atau....sering juga dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke saudara/teman di luar kota. Bahkan, teman/saudara ada yang minta dibuatkan untuk oleh-oleh. Yuuukk....kita coba membuatnya.....