Cara membuat Choco Lava (Molten Cake), resep

  1. Chop coklat blok hingga menjadi pieces terkecil. Slice unsalted butter. Masukkan dalam 1 mangkuk lalu lelehkan. (Cara lelehkannya dengan rebus air 1/4 panci hingga boiled, lalu lelehkan 1 mangkuk coklat+butter tadi di atasnya), terus aduk hingga menyatu. Setelah selesai sisihkan.
  2. Di mangkuk lain, ayak tepung dan gula. Lalu tambahkan 8 telur utuh + 8 egg yolk (kuning telur) saja. Aduk hingga rata. Masukkan perlahan-lahan coklat cair tadi (jangan sekaligus karena nanti telurnya matang) , aduk hingga coklat cair habis dan bersatu dengan adonan tepung.
  3. Siapkan cetakan (bebas), oleskan mentega dan tepung. Tuang adonan kira-kira 3/4 cup. Sebelumnya panaskan oven hingga suhu 170 derajat Celcius. Panggang sekitar 5 menit ++.
  4. Selama menunggu, untuk saus, chop raspberry/strawberry, masukkan dalam mangkuk. Tambahkan air sedikit dan gula secukupnya. Masak dan aduk terus hingga sari buahnya keluar membentuk konsistensi yang diinginkan (bisa cair seperti saus atau kental seperti selai). Setelah matang, angkat.
  5. Setelah cake matang, keluarkan dari oven. Untuk mengetahui apakah berhasil menjadi choco lava, goyangkan kue, apabila goyang (dalamnya spt belum matang) maka berhasil. Keluarkan dari cetakan. Lalu hias dengan saus. Bila suka, dapat tambahkan ice cream dan daun mint sebagai garnish. Happy cooking!

Bahan-bahan dalam resep Choco Lava (Molten Cake) diatas adalah sebagai berikut

  • 500 gr unsalted butter
  • Gula halus
  • 600 gr frozen raspberry/strawberry
  • 16 butir telur
  • 100 gr tepung
  • 550 gr gula
  • 500 gr coklat blok

Waktu : 25 menit

Porsi : 20 Orang

Resep Choco Lava (Molten Cake) Jadi lagi belajar membuat cake untuk dinner set di restoran. Saya diajarkan oleh seorang teman dari Enhaii, shall we begin?