Cara membuat :: cenil ::, resep

  1. Didihkan 130ml air. masukan 1 sdm tepung sagu tani larutka dengan menggunakan 3 sdm air biasa ke dalam air mendidih
  2. Aduk rata dan cepat
  3. Matikan api.
  4. Masukan sisa tepung sagu. aduk rata sampai bisa diuleni..dan bentuk
  5. Pulung dan masukam ke dalam panci yang berisi air mendidih
  6. Jika sudan terapung angkat dan masukan ke dalam wadah berisi air biasa.
  7. Kukus kelapa parut muda selama +/- 10 menit. tambahkan garam sedikit lalu aduk rata ya...
  8. Masukan cenil yang sudah matang ke dalam kelapa parut kukus tadi. aduk rata.
  9. Tambahkan gula pasir sesuai selera.
  10. Angkat dan siap dihidangkan deeeh....

Bahan-bahan dalam resep :: cenil :: diatas adalah sebagai berikut

  • 250 gr tepung sagu tani
  • kelapa parut muda
  • sedikit garam
  • 130 ml air
  • sesuai selera pewarna makanan

Resep :: cenil :: source : hesti kitchen cenil itu rasanya kenyil-kenyil. teksturnya kenyil-kenyil khas tepung tapioka. bentuk cenil itu kayak ulet. hehehe..ulet bulu ya...kan diselimuti pake kelapa muda parut... udah tiga kali ini bikin...bikin yang pertama tidak seperti yang diharapkan. bikin yang kedua males banget buat mulung-mulungnya. nah..baru bikin yang ketiga ini..cenilnya enak. ntar kalo bikin yang keempat mungkin insha Allah pulungannya bisa lebih bagus. berarti yang ini gak bagus dong? iyaaaa....cenil warna kuningnya itu gede-gede...selanjutnya disusul warna merah dan yang paling kecil tu yang warna ijo. pengalaman bikin cenil kali ini adalah kalo mulung adonan ngambilnya setengah ujung kuku kelingking aja. jangan kuatir kekecilan. ntar kalo pas udah direbus...jadi gede kok. nah, seukuram setengah kuku jari kelingking ini menurutku yang paling pas ukurannya di saat matang. oh ya, paling enak tu kalo cenil dibikin dari tepung sagu. kalo tepung kanji dan tapioka menurutku gak selembut kalo cenil dibuat dari tepung sagu. cenil ku kali ini kubuat tiga warna. pake pasta durian (kuning), pandan (hijau) dan strawberry (merah). pastanya pakai yang merk koepoe-koepoe. kenapa pasta gakake pewarna aja? hihi...diriku gak punya pewarna makanan soalnya... aku bikin ini udah malam minggu yang lalu. syifa tidur sampe sore soalnya. jam 4 baru bangun..jadinya mau maghrin gitu aku mati gaya..diluar hujan jadinya syifa cuma main di dalam rumab aja. mikir mikir...apaaa ya...bikin apa yang gampang dan stock bahan ada semua. jadinya, bikin ini deh. bikinnya satu jam an kalo gak salah. lama agak lama cing...capek pas mulungnya...berdiri lama. udah aku pulung sambil nunggu adonan ngapung...tapi krn tak letakan tumpuk tumpuk jadinya lengket gitu. mulung ulang deh. jadi, prosesnya mulung masuk mulung cemplungin ke panci....sampe abis. habis itu kok ya ngantuuuk banget. emang dasar ngantukan kali ya. tapi abis bikin jadi happpy deh...papanya syifa suka..dan syifa juga doyan...mungki rasaanya manis ya. walo adonannya dikasih garam cuma sak imit tapi kutaburi gula pasir setelah dicampurin dengan kelapa parut muda. jadinya syifa gak mau berhenti deh makannya... yuuk kawan..enak banget untuk dicoba cenilnya...