Cara membuat Cenil Hijau, resep

  1. Pertama ambil 3 sdm tepung tapioka, lalu larutkan dengan 2 sdm air.
  2. Panaskan sisa air yang telah digunakan tadi, tunggu mendidih. Setelah air mendidih masukkan larutan tepung tapioka tadi. Aduk sampai berwarna bening dan kental. Angkat dan campurkan pada sisa tepung tapioka yang telah disiapkan.
  3. Uleni adonan tepung hingga kalis. Ini penampakannya. Jika terlalu lembek bisa ditambah tepung lagi. Saat menguleni tambahkan perwarna makanan agar cantik dan beri sedikit garam agar tidak hambar. Pulung sesuai selera.
  4. Setelah itu panaskan air pada panci. Setelah mendidih masukkan adonan tepung yang telah di pulung satu per satu sampai matang. Indikator kematangan adalah jika pulungan telah mengambang dan warnanya menjadi lebih tua bening.
  5. Sajikan di piring dengan taburan kelapa muda dan saus gula merah.
  6. Tambahan: Sebelum dibuat taburan kukus terlebih dahulu parutan kelapa dan daun pandan kemudian dinginkan. Untuk saus gula merah caranya didihkan segelas air dan masukkan gula merah secukupnya. Masak sampai mengental. Airnya bisa ditambahkan menyesuaikan dengan jumlah gulanya

Bahan-bahan dalam resep Cenil Hijau diatas adalah sebagai berikut

  • 200 ml air matang
  • Saus gula merah
  • Secukupnya garam
  • Bahan Taburan
  • 150 gram tepung tapioka
  • Kelapa muda parut

Resep Cenil Hijau Gara-gara sakit maag. Gak bisa makan cemilan sembarangan. Makanya bikin cenil buat temen nonton tv. Gak cuma enak, tapi kandungan tepung tapioka yang jadi bahan bakunya bisa bikin lambung adem.