Cara membuat Caramel Cake/bolu sarang semut anti gagal, resep

  1. buat karamel:taruh gula di wajan dgn api kecil masak hingga kecoklatan ( biarkan saja jgn diaduk cukup goyangkan wajan ketika gula sudah separuh kecoklatan jgn biarkan gosong krn rasa karamelnya akan pahit) setelah semua gula kecoklatan tambahkan air panas biarkan sampai gula larut dan airnya mendidih. angkat (karamel yg akan dimasukkan ke wadah harus dalam keadaan hangat)
  2. campurkan tepung terigu, maizena dan soda kue. ayak , sisihkan.
  3. kocok skm dan mentega dgn speed rendah hanya sebentar saja ,lalu masukkan telur satu persatu. (dikocok nya dgn mixer jgn terlalu lama sekitar 1-2 menit cukup sampai rata saja agar telur tidak mengembang)
  4. masukkan campuran tepung yg sudah diayak kedalam telur sedikit demi sedikit, aduk menggunakan spatula hingga rata
  5. langkah terakhir tuang karamelnya sedikit sedikit kedalam adonan, aduk hingg rata ( jangan heran kl adonan nya akan cair dan mentega nya kampul kampul ke atas ,krn ketika nanti dimasukkan ke oven panas maka menteganya akan menyatu dan membuat bolunya bersarang)
  6. panaskan oven suhu 180' , tuang adonan kedalam loyang tulban diameter 24 cm yang sudah diolesi mentega dan terigu panggang selama 40 menit / hingga matang (kl oven saya 50 menit 30 menit pertama api atas bawah suhu 180' lalu 20 menitnya api atas) sesuaikan dgn oven masing masing ya ,selalu lapisi loyang tulban dgn alas baki/nampan krn adonan ini akan mengeluarkan minyak dari menteganya jadi kl tidak dilapisi,oven akan berasap seperti kebakarn krn ketetesan minyak tersebut nti jd pada parno deh hehehe.. setelah matang angkat dan biarkan dingin letakkan dipiring saji. ini penampakan bolunya
  7. ini penampakan bolu yg dipotong...kenyal dan bersarang

Bahan-bahan dalam resep Caramel Cake/bolu sarang semut anti gagal diatas adalah sebagai berikut

  • 425 gram gula pasir
  • 2 sdt soda kue
  • 200 ml susu kental manis
  • 50 gram tepung maizena
  • 8 butir telur
  • 450 ml air panas
  • 150 gram mentega
  • 180 gram tepung terigu segitiga biru

Waktu : 60 menit

Resep Caramel Cake/bolu sarang semut anti gagal cake kenyal dan uenak ini sy adaptasi dari resep ibu fat yg saya googling, krn cake ini favorit nya ayah saya..sy tulis anti gagal krn sy pun buatnya baru pertama kali dan langsung okey cakenya..langsung ada yg pesan juga..manisnya pas..ga bikin enek dan bersarangnya itu lohh yg bikin penasaran...yuk dicoba dirumah tp harus sesuai resep ya jgn ada di skip 🙂