Cara membuat Caramel Cake a.k.a Sarang Semut, resep

  1. Taruh gula di dalam wajan anti lengket, nyalakan api kecil saja. Biarkan gula menjadi karamel(cairan coklat tua yg kental). Jangan diaduk2, biarkan mencair sendiri, boleh sambil digoyang2 wajannya.
  2. Setelah, semua gula cair dan menjadi karamel, tuang air panas. Masak hinggan karamel menjadi cairan. Ukur sebanyak 250ml, biarkan dingin.
  3. Olesi loyang tulban dengan margarin dan taburi tepung, sisihkan.
  4. Panaskan oven 180 derajat.
  5. Ayak terigu+maizena+bpda+soda kue+garam. Taruh dalam wadah.
  6. Masukkan telur yg sdh dikocok lepas dan air karamel, bergantian, bagi 3 tahap.
  7. Masukkan butter yg sdh diaduk dgn garpu. Aduk rata.
  8. Masukkan susu kental manis. Aduk rata.
  9. Hasil akhir adonan ini cair dan butter tdk larut, sehingga membentuk butiran2 kecil.
  10. Masukkan adonan ke dalam loyang. Panggang kurleb 35-45mnt, tes tusuk gigi yaaa....

Bahan-bahan dalam resep Caramel Cake a.k.a Sarang Semut diatas adalah sebagai berikut

  • 75 gr terigu
  • 25 gr maizena
  • 200 ml air panas
  • 75 ml susu kental manis
  • 50 gr butter, aduk dgn garpu sampai lembut
  • 1 sdt garam
  • 3 btr telur. kocok lepas
  • 1 sdt soda kue
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt bpda

Resep Caramel Cake a.k.a Sarang Semut Mungkin karena bolong2, makanya di sebut sarang semut, padahal gak ada semutnya sama sekali, hihihihihihii.. Cake ini favorite mamaku.. Dia sukaaa bngt makan cake ini.. Dulu bngt suka bikin ini, tp udh bbrp tahun belakangan jarang banget bahkan hampir gak pernah lagi bikin si sarang semut "hitam manis tanpa semut" ini,, Kebetulan lagi seneng2nya ngintip IG nya @doyanbaking eehhh ada "penampakan" cake ini, jadilah pas ujan2 eksekusinya. Saya lupa ini resep siapa, my fault... #tertunduksedih Saya lupa nulis siapa yg pny resep.. Siapa pun itu, terimakasih banyaaakk sdh berbagi ilmu....#kecupjauh