Cara membuat Cake Pisang Enak & Moist Tanpa Pengembang, resep

  1. Siapkan loyang loaf ukuran 8 x 17 x 6 cm. Alasi permukaan loyang dengan kertas baking hingga menjuntai keluar. Sisihkan.
  2. Rendam telur di dalam air hangat suam kuku selama 2 - 3 menit. Fungsinya untuk membuat putih telur menjadi encer sehingga akan mengembang maksimal kala di kocok. Pastikan air tidak panas karena akan membuat telur menjadi matang.
  3. Panaskan oven. Jika anda pake oven listrik, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven dan jika oven anda pendek maka letakkan rak pemanggang di bagian bawah oven.
  4. Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh matikan saja api kompor dan goyang-goyangkan panci, kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Tuangkan mentega cair ke dalam mangkuk yang agak besar, diamkan hingga agak mendingin.
  5. Siapkan mangkuk kecil, masukkan pisang. Hancurkan pisang dengan garpu sampai hancur, jangan menghaluskan pisang dengan menggunakan blender karena tekstur pisang akan hilang. Sisihkan.
  6. Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur yang telah direndam dalam air hangat dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur baik kemudian naikkan kecepatan mikser menjadi tinggi dan kocok telur dan gula hingga mengembang, kental dan berwarna putih pucat. Tahapan ini dikenal dengan ribbon stage, tandanya ketika alat pengocok anda angkat maka adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik. Jika tahapan ini belum tercapai, kocok kembali adonan hingga ribbon stage.
  7. Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan tepung dengan cara diayak ke dalam adonan telur-pisang. Aduk adonan dengan spatula menggunakan teknik aduk balik. Lakukan dengan perlahan agar tidak banyak busa yang mencair. Adonan yang terbentuk kental dan pekat.
  8. Tuangkan sekitar 1/4 adonan ke dalam mangkuk berisi mentega leleh, aduk perlahan hingga tercampur baik. Masukkan sisa adonan ke dalam adonan mentega, aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur dengan baik
  9. Note: cara mencampur sebagian adonan dengan mentega leleh untuk mempermudah mentega tercampur baik di dalam adonan. Minyak cenderung untuk mengendap di dasar adonan dan sulit tercampur dengan adonan kala diaduk.
  10. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Taburi choco chips. Panggang selama 20 menit atau hingga permukaannya tampak mengeras dan kekuningan. Keluarkan loyang berisi cake, dengan pisau tajam iris memanjang di bagian tengah permukaan cake. Lakukan kegiatan ini dengan cepat. Kemudian masukkan kembali cake ke dalam oven dan panggang selama 20 menit hingga cake matang. Tes kematangan cake dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.
  11. Keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang. Keluarkan cake dengan cara menarik kertas baking yang menjuntai keluar. Diamkan hingga dingin. Lepaskan kertas dan potong-potong cake. Siap disantap. Super duper yummy!

Bahan-bahan dalam resep Cake Pisang Enak & Moist Tanpa Pengembang diatas adalah sebagai berikut

  • 100 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna
  • 120 gr pisang ambon atau pisang gepok (sekitar 2 buah pisang ukuran sedang)
  • 2 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 60 gram mentega dilelehkan
  • Secukupnya choco chips

Resep Cake Pisang Enak & Moist Tanpa Pengembang Sama suami diwanti wanti agar tidak terlalu sering buat kue yg pake bahan pengembang kue pabrikan.alhamdulillah nemu resep ini di web JTT. Pas buat kue, dag dig dug duar kuatir bantet. Apalagi pas buka oven.hiks overbake. Gara" nya ditinggal mandiin bocil. Trus dia gak mau mentas (hehehe apa ya basa indonesia nya). Jadinya keasyikan nemani mpe lupa lagi ngoven. Alhamdulillah pas keluar kamar mandi tercium aroma kue. Buru buru deh kabur ke dapur. Alhamdulillah dikit gosongnya...hehehe. pas diiris kue nya...dag dig dug....huwaa alhamdulillah berhasil saudara saudara. Gak bantet. Lembut dan.. masya Allah...super duper nyummy. Incip satu penasaran ambil lagi...lagi ..dan...ups..ingat anak bojo yaaa : p : D Source: www.justtryandtaste.com/2014/05/5-bahan-saja-untuk-cake-pisang-yang.html?m=1