Cara membuat Cake Kentang Kukus, resep

  1. Mixer telur, gula dan vanili dengan kecepatan tinggi sampai berubah putih dan mengental.
  2. Masukkan kentang halus, mixer kembali dengan kecepatan sedang. Tambahkan margarin cair dan bahan tepung sedikit demi sedikit sampai rata.
  3. Kalau menggunakan chia seed, masukkan chia seed dan aduk sampai rata kembali.
  4. Panaskan kukusan. Olesi loyang dengan margarin. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Setelah kukusan panas, masukkan adonan dan kukus hingga matang sekitar 30 menit. Jangan lupa alasi tutup panci dengan serbet untuk mengkindari uap air jatuh ke dalam adonan.
  5. Tes kematangan dengan tusuk gigi. Setelah matang, keluarkan loyang dan dinginkan kue di suhu ruang. Keluarkan dari cetakan dan taburi dengan parutan keju. Selesai deh!

Bahan-bahan dalam resep Cake Kentang Kukus diatas adalah sebagai berikut

  • 150 gr gula pasir (resep asli 175 gr)
  • sesuai selera Keju untuk taburan (optional)
  • 1,5 sdm margarin cair
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 75 gr tepung terigu
  • 200 gr kentang kukus/rebus haluskan
  • 75 gr tepung maizena
  • 1 butir telur
  • sesuai selera Chia seed untuk isian (optional)
  • 150 ml SKM larutkan dengan 150 ml air
  • 1 butir kuning telur (resep asli 2 kuning telur)

Waktu : 60 menit

Porsi : 6 porsi Orang

Resep Cake Kentang Kukus Recook resepnya mb lies surya di fb. Resep asli sih dibikin puding cake gitu, cuman saya ini pemalas hehe jadinya cuma cake nya aja yg dibikin. Rasanya mirip kue lumpur, mirip wadai khas banjarmasin juga. Lembut, lembab dan padat. Makan 2 slice aja udah kenyang. Cocok buat bekal nih. Gampang banget bikinnya.. Oiya my bad, ak tambahin chia seed, ngarepnya bakalan ada totol2 lucu gitu, tapi ternyata chia nya gak mau nyebar dan mendem di bagian atas. Harusnya nyampurnya di mixer pas bikin adonan, eh saya taburin trus aduk2 pas udah di loyang . Jangan ditiru ya!