Cara membuat Brownies Triple Chocolate, resep

  1. Oles loyang kue ukuran 22x22x4 cm dengan margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan. Panaskan oven dgn suhu 190 derajat
  2. Kocok telur, gula, vanili dan kopi instan selama kurleb (kurang lebih) 2-3 menit dengan kecepatan rendah asal gula larut dan tidak sampai mengembang. Saat mengocok, mixer digerakkan bolak-balik dan bukan searah krn yg diinginkan adalah brownies yg chewy dan padat bukan yg cakey mengembang.
  3. Masukkan campuran Tepung dan cokelat sambil terus dikocok perlahan bolak-balik asal rata. Dapat juga aduk dgn menggunakan spatula atau sendok kayu. Tambahkan minyak goreng, aduk rata.
  4. Masukkan sebagian dark cooking chocolate leleh dan biarkan sebagian (sedikit saja) untuk membuat coretan/guratan di permukaan brownies. Aduk rata adonan lalu tuang ke loyang yg sudah disiapkan. Buat coretan/guratan diatas permukaan kue dgn sisa cokelat leleh dan taburi cokelat chips.
  5. Panggang dengan suhu 190 derajat celcius dan letakkan loyang di rak bagian atas selama 20 menit. Gunanya agar terbentuk lapisan shinny crust yg retak2 cantik dipermukaan kue.
  6. Turunkan suhu menjadi 150 derajat celcius dan letakkan loyang di rak bagian tengah. Jika oven hanya memiliki 2 susun rak berarti letakkan di rak bawah. Panggang lagi selama 20-25 menit dan jangan lebih karena kue akan menjadi kering dan keras.
  7. Kemungkinan tekstur brownies ketika dipegang belum set sekali tapi nanti setelah kue sudah dingin, teksturnya akan set/padat dan kita akan mendapatkan brownies yang chewy. Jd nggak perlu test tusuk.
  8. Jika ingin brownies yang bagian dalamnya kering, waktu memanggang dapat ditambah. Tapi percayalah sodara-sodara..yang versi chewy begini aja deh..
  9. Ini tampilan Brownies yg kutambah BP & SK

Bahan-bahan dalam resep Brownies Triple Chocolate diatas adalah sebagai berikut

  • 150 gr gula pasir
  • 115 ml minyak sayur
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr cokelat bubuk (ayak jadi satu dgn tepung terigu)
  • 1 sachet kopi instan 3 in 1
  • 100 gr gula palem
  • 100 gr dark cooking chocolate, tim hingga meleleh
  • 3 btr telur ukuran besar (jika telurnya kecil pakai 4 butir)
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Choco Chips

Waktu :

Porsi : Orang

Resep Brownies Triple Chocolate Sy dulunya anti sama yg namanya brownies panggang krn lihatnya aja kayaknya 'berat', padat gimanaaa gitu. Kl yg versi kukus justru sy terima dgn sangat 'ramah' Tapiii gara2 penasaran lihat gambarnya yg super cantik di blog Catatan Nina, akhirnya sy buat juga dan tentu sj cicipin satu potong keciiilll.. tp berubah menjadi 1 potongan besar berikutnya dan berikutnya. Jadilah brownies ini dinobatkan menjadi salah satu kue favorit di rmh kami. Kl udah manggang brownies ini hmmm...harumnya memenuhi rumah deh. Anak2 udah mondar mandir aja nanyain kapan matangnya. Gula boleh dikurangi ya jika kurang doyan manis. Bisa jg tambahkan baking powder dan soda kue tp menurut sy hasil kue agak mengembang, berongga dan kl kena angin/dingin langsung kaku, keras...sama sekali nggak kenyal legit. Tp selera ya..monggo kl mau ditambah BP ( Baking Powder ya bukan Bambang Pamungkas hehe ) dan SK Kl mau variasi dgn kacang mede or almond jg hayuuu... Brownies ini dimakan esok harinya malah lbh enak, biasanya sengaja sy tinggalin buat besok. Sekali lg ya dear...semua kembali ke selera masing2