Cara membuat Brownies Pisang Putih Telur Super Moist and Fudgy, resep

  1. MasukkanDCC (saya campur, dark dan milk cooking chocolate), gula pasir dan butter / margarine ke dalam mangkuk tahan panas, lalu letakkan mangkuk di atas panci kecil berisi air, jaga jangan sampai mangkuk menyentuh air. Panaskan panci dengan api kecil hingga cokelat meleleh, aduk-aduk hingga cokelat, mentega dan gula tercampur. Tidak masalah jika gula pasir tidak larut. Angkat mangkuk dari panci, biarkan setengah dingin.
  2. Sementara menunggu campuran cokelat mendingin, lakukan persiapan yg lain : a) Siapkan loyang, olesi bagian dalam loyang dengan butter / margarine dan taburi dengan tepung, sisihkan. b) Lumatkan pisang dengan menggunakan bagian belakang garpu, sisihkan. c) Aduk dan ayak jadi satu tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam, sisihkan. d) Panaskan oven pada suhu 170C.
  3. Masukkanvanilla extract dan putih telur ke dalam wadah lalu kocok sebentar dengan menggunakan mixer (kecepatan tinggi) hingga setengah mengembang (tidak perlu sampai kaku).
  4. Masukkan pisang ke dalam kocokan telur, kocok sebentar dengan menggunakan mixer.
  5. Masukkan bagian campuran tepung terigu dengan adonan pisang, aduk balik adonan menggunakan spatula dengan gerakancepat dan ringan hingga tercampur baik. Tambahkan sisa tepung, aduk rata.Jangan berlebihan mengaduk, karena akan membuat tekstur brownies menjadi keras. (Kalau saya menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.)
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang.Taburi dengan topping sesuai selera (optional).
  7. Panggang selama 30 - 45 menit hingga permukaankue tampak mengeras. Tes dengan menusukkan lidi di tengah brownies, jika tidak ada adonan yang menempel makakuetelah matang.
  8. Keluarkan dari oven, biarkan selama 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Balikkan brownieske rak kawat (cooling rack) dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.

Bahan-bahan dalam resep Brownies Pisang Putih Telur Super Moist and Fudgy diatas adalah sebagai berikut

  • 90 ml (2 butir) putih telur
  • 75 gr tepung terigu serbaguna / protein sedang
  • 1/3 sdt garam
  • 15 gr cokelat bubuk kualitas bagus
  • 115 gr gula pasir
  • 115 gr DCC (dark cooking chocolate), cincang kasar
  • 1/2 sdt vanilla extract
  • sesuai selera topping, bisa irisan almond / mede / choco chips
  • 60 gr butter / margarine
  • 3/4 sdt baking powder double acting
  • 225 gr pisang ambon / cavendish / raja

Waktu : 60 menit

Porsi : 10 slice Orang

Resep Brownies Pisang Putih Telur Super Moist and Fudgy Ada putih telur sisa bikin cookies dan pisang raja yang hampir kematengan. Setelah melongok stok bahan2 di lemari dapur, terpikirlah untuk membuat brownies. Googling resep dan ketemu resep brownies pisangnya Mbak Endang JTT. Dengan sedikit modifikasi ala saya, jadilah brownies pisang putih telur ini. Rasa manisnya pas, nyoklaattt banget, aroma pisangnya wangi luar biasa, dan teksturnya super moist and fudgy. Setelah disimpan di chiller kulkas, teksturnya berubah menjadi chewy. Super yummy... *Note : Browniestahan 4 hari lamanya di suhu ruang atau 1 minggu dichiller kulkas dalam wadah tertutup rapat. Kalau saya suka makan brownies yang sudah 1 hari atau lebih, karena rasa cokelatnya lebih keluar dibandingkan brownies yang baru matang.