Cara membuat Bolu pisang spesial, resep

  1. Panaskan oven dengan suhu sekitar 150C. Siapkan loyang tulban, olesi dgn margarin tipis2 lalu taburi terigu. Sisihkan.
  2. Haluskan pisang sampai lembut, campurkan dengan skm. Aduk sampai rata. Sisihkan.
  3. Campurkan tepung terigu, maizena, baking powder dan soda kue, sambil diayak. Sisihkan.
  4. Kocok telur, gula pasir, brown sugar dan garam dengan kecepatan sedang. Mikser sampai adonan putih kental dan mengembang (adonan kental berjejak). Matikan mikser.
  5. Masukkan pisang yg sdh dicampur dgn susu kental manis (skm coklat) ke dalam adonan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula.
  6. Kemudian masukkan campuran terigu ke dalam adonan, aduk rata dengan teknik aduk balik.
  7. Terakhir masukkan vanili bubuk dan margarin cair secara merata dan bertahap, aduk sampai adonan homogen.
  8. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yg sebelumnya sudah diolesi dgn margarin dan ditaburi terigu tipis2. Goyang pelan2 loyang agar permukaannya rata dan tidak ada gelembung udara di dalam adonan.
  9. Panggang adonan dalam oven 150C selama 45 menit (lama memanggang tergantung oven masing2 ya). Panggang hingga kecoklatan. Lakukan tes tusuk utk mengetahui bagian dalam bolu sdh matang atau belum. Kalau masih basah, bisa ditambahkan lagi waktunya.
  10. Setelah matang. Keluarkan dari oven. Tunggu dingin dulu ya baru dipotong2. Hmmm bolunya wangi semerbak... Bagian atasnya rada coklat tp gpp jd tambah enak, he he.
  11. Bolunya wangi, tinggi mengembang. Rasa manisnya pas, lembut, ngga eneg. Alhamdulillah pertama bikin langsung jadi ngga pake gagal. Senengnya. Recommended deh resep ini. Jadi menu tambahan utk buka puasa.

Bahan-bahan dalam resep Bolu pisang spesial diatas adalah sebagai berikut

  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 300 gram pisang ambon hijau haluskan (resep asli 500 gram)
  • 250 gram tepung terigu protein sedang (resep asli 300 gram)
  • 1 sdt baking powder
  • 25 gram tepung maizena
  • 175 gram gula pasir (resep asli 100 gram)
  • 4 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1-2 sachet skm coklat (resep asli 50 ml uht cair)
  • 25 gram brown sugar (resep asli 100 gram). Sy hanya ada sedikit jadi banyakin gula pasir aja
  • 200 gram margarine (lelehkan sebentar)

Waktu : 60 menit

Porsi : 6 porsi Orang

Resep Bolu pisang spesial Awalnya ngga sengaja bikin ini bolu. Liat pisang ambon ijo yg tergeletak tak berdaya di atas meja. Bingung mau diapain, dimakan langsung sdh kematengan. Ya sudah dari pada terbuang sia sia, dibuat jadi bolu pisang aja dan kebetulan semua bahannya tersedia di dapur. Setelah liat2 resep yg pas, langsung eksekusi deh. Dan hasilnya memuaskan. Masih di oven sj wanginya dah kemana2. Hmmm berhubung masih puasa, nyicipnya tunggu berbuka dulu ya. Bolunya harum, terasa pisangnya, manisnya pas, ngga bikin eneg. Hmm suka banget sama resep ini. Baru pertama bikin langsung berhasil, anti gagal deh pokoknya. Resep ini sdh saya modifikasi sesuai kebutuhan. He he. Wajib dicoba deh pokoknya. Terimakasih byk mba Siska atas inspirasinya.