Cara membuat BOLU KERE, resep kue

  1. Kocok telur bersama gula dan SP selama 15-20 menit hingga mengembang dan kaku.
  2. Masukan bahan kering seperti tepung terigu, vanilla, dan susu bubuk. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukan minyak goreng dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Pisahkan 2 sdm adonan ke mangkuk kecil, beri pasta coklat dan aduk rata.
  5. Masukan adonan putih kedalam loyang yang telah dilumuri mentega/minyak dan tepung . Lalu masukan adonan coklat, dan hias dengan menggunakan tusuk sate hingga bertekstur seperti marmer.
  6. Panaskan oven, lalu panggang adonan dengan suhu 160C selama kurang lebih 30 menit. Cek kematangan dengan cara menusukan tusuk sate ke dalam bolu, jika tidak ada yang lengket, maka bolu telah matang. Angkat, dinginkan, dan sajikan.

Bahan-bahan dalam resep kue BOLU KERE diatas adalah sebagai berikut

  • 125 tepung terigu
  • 1/2 sdt Emulsifier/ Ovalet/ SP
  • 1/2 sdt Pasta Coklat
  • 125 ml minyak goreng
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanilla
  • 120 gula pasir
  • 2 sdm susu bubuk (jika ada)

Waktu : 60 menit

Porsi : 4 Orang

Resep Kue BOLU KERE Kue ini selalu mengingatkan aku pada ibuku. Sewaktu saya dan adik masih kecil, orang tua kami sedang dalam kesulitan ekonomi. Ibu saya tidak mampu membelikan kami kue ataupun jajanan untuk camilan kami. Demi agar anaknya tetap senang, ibu selalu membuatkan kue untuk kami, bolu inilah yang paling sering ibu buat, karena praktis dan hemat. Dinamakan Bolu Kere karena bolu ini tidak menggunakan margarin/mentega seperti bolu lainnya melainkan diganti dengan minyak goreng yang selalu ada di dapur ibu. Walau begitu, bolu ini tidak kalah enak dengan bolu lainnya. Bolu ini tetap lembut, manis dan buttery walau tidak menggunakan margarin/mentega. Yang saya ingat dari ibu, dahulu kami tidak punya mixer, namun ibuku tetap membuat kue dengan pengocok tangan yang mengandalkan tenaganya. Semua ia lakukan demi membuat kami bahagia dapat memakan kue yang enak dan sehat. Untuk itu saya selalu membuat bolu ini saat rindu pada ibu dikampung, dengan membuat dan memakannya, saya bisa merasakan kembali manisnya kasih sayang ibu saat masih kecil hingga sekarang. Semoga ibu di rumah selalu sehat. Terimakasih ibu, kau selalu memberikan kenangan baik pada memoriku. Selamat hari ibu!