Cara membuat Bolu Gulung Ekonomis Andalan, resep

  1. Siapkan loyang ukuran 22224 cm. Oles margarin, alasi kertas roti, oles lagi dengan margarin.
  2. Panaskan oven 180-190C
  3. Masukkan semua bahan kecuali butter leleh kedalam sebuah wadah.
  4. Kocok dengan kecepatan sedang-tinggi 10-15 menit hingga kembang, putih pucat, kental, dan berjejak. Ini penting yaa!
  5. Masukkan butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga rata. Pastikan tidak ada yg mengendap didasar. Karena bisa menyebabkan cake bantat.
  6. Tuang ke loyang yang sudah disiapkan. Ratakan lalu hentakkan perlahan 2 kali untuk membuang udara dalam adonan.
  7. Masukkan ke oven (saya pakai rak paling atas supaya permukaan cake cepat kering). Panggang 15-20 menit. *harus sering-sering dicek ya, supaya tidak over bake. Jika sudah kecoklatan permukaannya dan bila disentuh tidak lengket. Langsung angkat saja.
  8. Balikkan ke sebuah wadah datar. Balikkan kembali ke atas rak kawat. Tunggu hingga dingin. Balikkan kembali cake diatas kertas roti. Oles dengan filling sesuka anda. Gulung perlahan sambil dipadatkan. Simpan dikulkas 10-15 menit. Baru lepaskan kertas rotinya. Potong-potong dan sajikan! Untuk filling saya biasa memakai: Selai buah, selai coklat, buttercream+keju parut bahkan bisa diisi abon untuk versi gurihnya. Semua tergantung selera dan persediaan hehe. Selamat mencoba, happy baking!
  9. Ini foto first trial bikin bolu gulung.. Masih perlu belajar menggulung karna belum rapi sekali.. Yasudah tak apa-apa, yang penting tidak gagal kan.. Hehe

Bahan-bahan dalam resep Bolu Gulung Ekonomis Andalan diatas adalah sebagai berikut

  • 1/2 sdt vanilla atau vanilli bubuk
  • 35 gr tepung terigu protein sedang
  • 5 gr (1/2 sdm) susu bubuk
  • 60 gr butter/mentega, lelehkan
  • 3 butir telur
  • 50 gr gula pasir
  • 5 gr (1/2 sdm) tepung maizena
  • 1/2 sdm cake emulsifier (saya pakai ovalet)

Waktu : 30 menit

Porsi : 1 buah uk.22cm Orang

Resep Bolu Gulung Ekonomis Andalan Mau share resep bolgul ekonomis andalan nih.. Siapa tahu bermanfaat resepnya dapat dari blog Bunda Ricke Ordinary Kithcen. Resep ini memakai all in one methode; yaitu semua bahan dikocok jadi satu sampai mengembang (kecuali butter) lalu baru dimasukkan butter lelehnya. Hasil akhir cake dengan cara ini sangat bergantung pada kocokan adonan dan teknik mencampur mentega lelehnya. Harus pelan-pelan dan cukup diADUK BALIK menggunakan spatula hingga rata saja. Sayangnya saya tidak sempat menyertakan step by step fotonya karena memang sudah lama sekali saya membuatnya. Bolgulnya pun langsung ludess.. Hanya tersisa foto saja.. hehe. Saya sarankan agar rasanya lebih milky dan wangi sebaiknya gunakan butter (mentega) ya dan bukan margarin.. Selanjutnya, membuatnya sangat mudah dan hasilnya so yummy.. Tetep lembut dan pasti lebih sehat karena irit kuning telur yuk buat!