Cara membuat Basic sponge cake benar-benar empuk!, resep

  1. Panaskan oven 177C 15 menit sebelum bake.
  2. Loyang ukuran 20x20 dilapis mentega dan dilapis terigu atau loyang dilapis mentega dan ditaruh kertas baking khusus.
  3. Ayak terigu, tepung maizena dan susu bubuk 2-3 kali agar kue lembut.
  4. Butter di lelehkan jangan sampai mendidih, saat butter agak leleh matikan api dan aduk terus sampai yang lain leleh. setelah itu masukan vanilla ekstrak dan diamkan hingga mendingin di suhu ruangan.
  5. Siapkan wadah besar, masukan telur lalu kocok speed tinggi dan rendahkan speed mixer dan masukan gula sedikit demi sedikit hingga habis setelah itu kocok lagi dengan mixer speed tinggi hingga kaku dan pucat dan kocokannya stabil kurang lebih 15-20 menit dan matikan mixer. Kocok telur harus kaku tapi jangan terlalu lama. harus kaku karena gak pakai baking powder. kalau gak kaku kue akan ambles
  6. Masukan campuran terigu yang sudah diayak ke wadah secara diayak dan aduk balik/ mixer kecepatan rendah sebentar
  7. Agar adonan gak ambles ambil adonan sedikit taruh di wadah butter cair dan aduk setelah tercampur masukan ke adonan dan aduk rata.
  8. Lalu masukan lelehan butter sedikit demi sedikit dengan sendok makan lalu aduk dengan spatula jangan terlalu lama tapi harus tercampur rata (tekhnik aduk balik) atau bisa diaduk dengan mixer kecepatan rendah sekali tapi sebentar saja.
  9. Tuang seluruh adonan ke loyang lalu loyang agak dibanting jatuh pelan (bukan dibanting dari ketinggian 1 meter lebih) agar udara yang terperangkap di dalam kue keluar dan agar kue lembut dan langsung masukan ke oven.
  10. Bake pada suhu 177C selama 40 menit (tergantung oven masing-masing) cek kematangan dengan tusuk gigi jika ada kue yang menempel di tusuk gigi berati belum matang. biasanya kalau kue yang sedang dipanggang mengeluarkan aroma semerbak yang wangi itu tandanya sudah matang. jangan bake terlalu lama, akan membuat kue menjadi kering dan serat. setelah matang langsung keluarkan dari oven dan loyang agar kue tidak menciut.
  11. Trik kue dari jepang setelah kue dikeluarkan dari loyang, kue langsung di lapis seluruh permukaannya dengan plastic wrap agar tetap moist dan dinginkan pada suhu ruangan, setelah itu kue bisa dihias dan kue gak akan serat atau keras.
  12. Untuk membuat black forrest, agar kuenya tetap moist per layernya dan gak keras, tiap lapisan harus diciprati simple syrup (campuran gula dan air dengan perbandingan yang sama dipanaskan/dimasak hingga gula larut) setelah simple syrup mendingin baru bisa di ciprat/diolesi ke lapisan kue yang akan dilayer dengan lapisan kue lain
  13. Untuk membuat kue perlayer (kue tinggi), agar kuenya tetap moist per layernya dan gak keras, tiap lapisan harus diciprati simple syrup (campuran gula dan air dengan perbandingan yang sama dipanaskan/dimasak hingga gula larut) setelah simple syrup mendingin baru bisa di ciprat/diolesi ke lapisan kue yang akan dilayer dengan lapisan kue lain

Bahan-bahan dalam resep Basic sponge cake benar-benar empuk! diatas adalah sebagai berikut

  • 50 gr terigu khusus membuat sponge cake
  • 5 kuning telur room temperature
  • 55 gr gula pasir
  • 8 gr tepung maizena (corn starch)
  • 1/2 sendok teh vanilla ekstrak
  • 2 putih telur room temperature
  • 8 gr susu bubuk putih
  • 75 gr mentega cair room temperature

Waktu : 40 menit

Porsi : 4 Orang

Resep Basic sponge cake benar-benar empuk! resep kue ukuran kecil yang saya ketik disini bukan milik saya, resep ini untuk pribadi saja. ini foto kue yang saya masak memakai rice cooker