Cara membuat Basic Chiffon Cake Melon, for amateur ( ), resep

  1. Siapkan semua bahan, panaskan oven, dan pastikan alat-alat yang digunakan bebas minyak, benar-benar bersih tidak lembab sehabis dicuci.
  2. Bahan A : Kocok dengan speed rendah, tepung terigu, gula halus, baking powder, hingga tercampur rata. Kemudian buat lubang di tengah, masukkan telur, vanili bubuk, susu cair, dan minyak. Kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Sisihkan.
  3. Bahan B : Kocok putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbuih, kemudian masukkan cream of tar tar. Naikkan kecepatan hingga medium, masukkan gula pasir secara bertahap, kemudian naikkan lagi kecepatan mixer, kocok hingga soft peak. Beberapa orang akan mengocok hingga hard peak, namun karena terlalu beresiko, saya hanya sampai soft peak
  4. Masukkan bahan B secara bertahap ke bahan A. Gunakan teknik lipat untuk menyatukan keduanya. Lakukan dengan lembut hingga rata. Setelah rata, jika ingin menambah topping, aduk pelan saja, asal rata.
  5. Tuang ke dalam loyang khusus chiffon. Oven selama 40-60 menit, atau hingga permukaan berwarna cokelat. Lakukan tes tusuk setelah waktu berjalan.
  6. Setelah masak, segera balikkan loyang. Gunakan bantuan botol jika loyang tidak dilengkapi penyangga. Tunggu chiffon mencapai suhu ruang baru bisa dipotong-potong.
  7. Bon appetite !
  8. NOTE : 1. Selalu gunakan wadah kaca atau dari stainless steel untuk mengocok putih telur, karena pengalaman memakai baskom biasa nggak ngembang 2. Gunakan tepung protein rendah, namun jika hanya memiliki tepung protein sedang, tambahkan maizena 35-45 gr (kurangi jumlah terigu dengan jumlah maizena yang digunakan). 3. Pastikan pengaduk mixer bersih dari lemak, ataupun adonan ketika akan mengolah putih telur. Lebih baik lagi jika memakai pengaduk cadangan. 4. Jangan ganti minyak dengan mentega cair ya, pengalaman, gak jadi cakenya 5. Pakai loyang diameter 25 cm, yang tinggi juga, biar gak jadi ciut kayak punyaku karena loyangnya kurang tinggi, padahal ngembangnya bagus

Bahan-bahan dalam resep Basic Chiffon Cake Melon, for amateur ( ) diatas adalah sebagai berikut

  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 7 butir kuning telur
  • 120 ml minyak sayur (saya memakai minyak goreng)
  • Bahan A
  • 100 gr gula halus (sesuai selera)
  • secukupnya chocochips hancur untuk hiasan (opsional)
  • 225 gr tepung cake/ protein rendah
  • 1/2 sdt cream of tar tar (bisa skip, atau ganti air lemon)
  • Bahan B
  • 50 gr gula pasir
  • 7 putih telur
  • 1 sdt baking powder (saya memakai double-acting)
  • 180 ml susu cair melon (bisa diganti rasa yang lain), atau 180 ml air dengan campuran 2 sdm essence

Waktu : 60 menit

Resep Basic Chiffon Cake Melon, for amateur ( ) Keluarga besar saya tidak banyak yang menekuni pastry, mayoritas lebih suka memasak. Karena itu, sedikit sekali resep-resep pastry leluhur yang bisa dipraktekkan . Chiffon cake apalagi, jadi saya harus mencari resep dasarnya sendiri, merombak sendiri, dan cari tipsnya sendiri. Dan ternyata, level kerumitan kue ini diatas bolu ya wkwk saya sudah 3 kali gagal (karena amatir gatau triknya). Akhirnya di percobaan keempat (setelah cari-cari literatur, a b c .. Tanya-tanya orang juga) taraaa .. Berhasil ! Ya .. Walaupun motong kuenya jelek, plus loyangnya kekecilan lengkap dengan penyokan di bagian bawah next mau beli loyang baru yang lebih tinggi + ada penyangganya biar gampang ~