Cara membuat Kue Awug Tepung Beras Gula Merah, resep

  1. Siapkan perabotan yang akan digunakan untuk mengukus bahan awug karena awug kue tradisioynal ini dibuat dengan cara dikukus. Perabotan tersebut adalah panci panjang atau juga dikenal dengan nama seeng dan anyaman kulit bambu bentuk kerucut (aseupan).
  2. Nyalakan api kompor dan panaskan seeng. Kemudian letakkan aseupan pada bagian bibir seeng dengan menyiramkan air secukupnya ke dalam bibir seeng yang sudah tertutup aseupan tersebut. biarkan air dalam seeng tersebut mendidih.
  3. Sementara itu bahan awug berupa tepung beras dan kelapa parut ( dari takaran) dimasukkan ke dalam aseupan dalam seeng tadi. Lalu siram tepung beras dan kelapa parut dengan air garam secukupnya. Aduk sampai tercampur rata, lembab dan membentuk gumpalan kecil. Setelah itu letakkan daun pada pada bagian pinggir aseupan.Selanjutnya sisir halus gula merah dan campurkan pada campuran bahan awug yang telah ada dalam kukusan (biasanya pada bagian tengah awug). Kemudian tutup dengan membuat lapisan baru dari tepung yang masih tersisa sampai aseupan terisi penuh. Tutup seeng dan tunggu sampai awug matang.Sementara menunggu pengukusan awug selesai, siapkan wadah dengan alas daun pisang lalu angkat awug yang sudah dikukus matang dan tumpahkan pada wadah dengan alas daun pisang.
  4. kue tradisional manis awug sudah siap untuk dinikmati bersama.

Bahan-bahan dalam resep Kue Awug Tepung Beras Gula Merah diatas adalah sebagai berikut

  • 1 butir kelapa setengah tua(parut)
  • 500 ml air (untuk air garam)
  • 1 1/2 kg tepung beras
  • 500 gram gula aren(sisir)
  • 2 sdt garam halus
  • 3 lembar daun pandan

Waktu : 30 menit

Porsi : 10 Orang

Resep Kue Awug Tepung Beras Gula Merah Well,teman-teman punya momen indah bersama Ayah atau Ibu? Bagaimana cara kalian dalam mengungkapan rasa terima kasih untuk orang tersayang?kali ini saya akan berbagi kebahagiaan saya dengan ibu saya .Kecilan saya selalu dibbuatkan Awug awug kali ini saya akan membuatkan Awug awug untuk ibu saya.