Cara membuat KUE ASOY (Klepon khas Kumai), resep

  1. Campur parutan kelapa dan garam lalu kukus sebentar beralaskan plastik/daun pisang, hal ini untuk memperpanjang daya tahan kelapa parut (agar tidak cepat basi). Angkat dan sisihkan.
  2. Campur remah roti dan gula pasir, sisihkan.
  3. Haluskan ubi jalar lalu tambahkan tepung sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. NB : banyaknya tepung yang dipakai tergantung jenis/tekstur ubi jalar itu sendiri, makanya jangan langsung mencampur tepung semuanya.
  4. Ambil sedikit adonan, isi dengan gula aren lalu tutup dan bentuk bulatan. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Rebus bulatan adonan dan tunggu hingga mengambang (tanda bahwa adonan matang). Angkat dan tiriskan.
  6. Masukkan bola-bola dalam campuran balutan, aduk rata.
  7. Siap disajikan dan nikmati bersama keluarga.

Bahan-bahan dalam resep KUE ASOY (Klepon khas Kumai) diatas adalah sebagai berikut

  • 2 sdm remah roti
  • 1 sdm gula pasir
  • sejumput garam
  • 2 sdm kelapa parut
  • 275 gr ubi jalar, rebus lalu kupas
  • BALUTAN
  • 50 gr tepung tapioka / tepung sagu
  • 75 gr gula aren

Waktu : 45 menit

Porsi : 4 Orang

Resep KUE ASOY (Klepon khas Kumai) #jajanantempodoeloe KUMAI adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Mungkin untuk beberapa orang, nama ini baru didengarnya saat terjadinya kecelakaan Pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang jatuh di sekitar Perairan Pangkalan Bun atau Teluk Kumai pada tanggal 28 Desember 2014 lalu. Kejadian tersebut membuat gempar dunia penerbangan setelah sebelumnya maskapai milik Malaysia lainnya juga mengalami kecelakaan. Dan karena itu pula banyak negara-negara yang memberikan bantuan untuk pencarian dan evakuasi korban secara besar-besaran (dibawah komando BASARNAS Indonesia). Terlepas dari kejadian diatas, Kumai sendiri memiliki beberapa kuliner menarik. Salah satunya adalah kue ASOY yang terbuat dari ubi jalar, penampilannya mirip KLEPON yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Tadi pagi aku membuatnya, tapi karena sambil nungguin toko (jualan) jadi saat membuat bola-bola beberapa kali kutinggal untuk melayani pembeli. Soal waktu memasak hanya memakai perkiraan, seperti biasa. Dengan resep ini, Q bsa m'buat 35 bulatan. Untuk balutan memakai remah roti hanya variasiQ ja, tpi mnurutQ hasilx g mngecewakan lahh. HEHEHE