Cara membuat Kue Adrem (TolPit,red), resep

  1. Giling beras yg sudah direndam hingga jadi tepung. Bila pakai tepung beras kemasan nanti hasilnya gak seenak jika bikin tepung sendiri dan hasilnya lembek
  2. Masak kelapa parut bersama gula jawa, masukan air 250ml. Aduk terus sampai mengetal dan meletup (istilah jawanya "umeb tua") selanjutnya adonan ini disebut juruh. Setelah jadi juruh angkat dr api dinginkan
  3. Siapkan baskom besar, masukan tepung beras uleni bersama juruh yg sudah dingin tadi sampai kalis bisa dibentuk. Diamkan 15 menit
  4. Bulatkan adonan yg sudah di istirahatkan tadi menurut selera.
  5. Siapkan wajan besar dengan penuh minyak panas. Masukan bulatan adrem mentah, jika sudah setengah matang japit dg japitan adrem di ujungnya sampai matang. (Japitan hanya berupa kayu kaki 3 saja bisa dibuat sendiri atau menggunakan sumpit, disinilah letak beda dan istimewanya kue adrem, kue yg harus dijapit)
  6. Kue adrem yg jadi tidak akan pecah waktu digoreng japit. Dan didalamnya akan terbentuk isian yg lembut.
  7. Kue Adrem yg menggunakan gula jawa akan cepat brubah warna coklat waktu digoreng, disini pula istimewanya adrem. Kalau gak berwarna coklat kehitaman gak enak, gak mantep gitu kata ortu2. Di bantul kue adrem yg bersih (pakai gula pasir) gak akan laku dijual cos masyarakat lbh memilih kue adrem yg pakai gula jawa.
  8. Sajikan kue adrem bersama teh tawar. Kalau simbah2 biasanya dengan teh tubruk pahit panas.
  9. Maaf kalau langkahnya rancu dan gak bisa beri fotonya. Bikin kuenya aja numpang di rumah yg buat. Hahahhahaha..

Bahan-bahan dalam resep Kue Adrem (TolPit,red) diatas adalah sebagai berikut

  • 250 ml air
  • 1 kg gula jawa (kalo mau kue kelihatan bersih pakai gula pasir)
  • 1 kg beras rendam semalam
  • 1 sdt vanili (optional) aku gak pake
  • 1 Butir kelapa tua parut

Waktu : 90 menit

Resep Kue Adrem (TolPit,red) Minggu kemaren maen kerumah temen sambi pesen kue adrem ini buat hajatan dirumah. Disana maen2 dah didapur adremnya. Sambi ngobrol lalu ikut dah belajar bikin adrem. Suseeh2 menantang daahh. Kue ini khas dari Bantul Yogyakarta. Cuma beredar di wilayah bantul saja. Ke utara dikit (wilayah jogja kota) aja udah gak ada. Konon ceritanya kue adrem (tolpit) singkatan dr anunya laki dijepit entah itu beneran ato cm plesetan orang iseng. Karena proses pembuatan kue ini dengan dijapit waktu digorengnya. Dan Ke istimewaan kue ini ada pada bentuk japitnya dan menggunakan gula jawa. Kue ini rasanya muanis, legit dan agak berminyak. Disajikan dengan teh tawar ato pahit untuk camilan. Tapi kue ini gak bersahabat untuk penderita diabetes. Yukk silahkan coba.