Cara membuat Yogurt Handmade, resep

  1. Siapkan glass jar / topless kaca yg sudah di-sterilisasi, biasanya direndam dalam air mendidih (saya cuma memanfaat kan uap panas magic com pas masak nasi) lalu sisihkan AWAS PANAS
  2. Tuang susu ke dalam sauce pan (panci) masak diatas api sedang hingga berbuih. Angkat, sisihkan diamkan hingga temperaturnya menurun.
  3. Selagi menunggu temperatur susu turun, pada tahap ini kita bisa fortifikasi susu kita dengan gula/ essence/ pewarna menurut keinginan. Jangan lupa masak air hingga bergelembung/ tak perlu hingga mendidih (kelamaan)
  4. Setelah kira kira 10 menit cek temperatur susu, pastikan sudah hangat kuku namun tidak panas di telapak tangan. Setelah yakin hangat kuku barulah tuangkan starter yogurt (efeknya akan kelihatan setelah diaduk susu akan mengental)
  5. Setelah tercampur merata tuangkan yogurt dalam glass jar tutup rapat, kemudian masukan dalam ice box dilapisi napkin (serbet).
  6. Kemudian tuangkan air panas hingga membasahi napkin sekeliling glass jar di dalam ice box. Tutup rapat ice box kemudian diamkan hingga selama 12 jam.
  7. Setelah 12 jam keluarkan dari ice box (angin angin bila masih terasa agak panas)bila sudah tidak panas baru bisa disimpan di kulkas. Enjoy your very own fresh handmade yogurt...
  8. NOTICE : pemakaian gula adalah opsional (terserah anda mau brp banyak / ga pake gula) banyak yg complain pada saya krn resep ini terlalu manis sehingga asem yogurtnya kurang berasa. Saran saya jangan digulain, tambah madu aja sebelum dikonsumsi, jadi bisa diukur manisnya sesuai selera
  9. NOTICE : saya sangat sarankan menggunakan starter yogurt dalam bentuk bactery pack/ yummy plain (ada ukuran cup biar ekonomis) karena pada resep ini menggunakan kefir yg kandungan bakterinya terbatas sekali/sedikit sehingga berpengaruh besar pada hasil akhir.
  10. NOTICE : hasil akhir akan memiliki karakter kental (seperty cymori botolan) bukan creamy yah.. (silahkan mix resep dengan heavy cream kalo mau hasil akhir yg creamy / bisa disirukk dengan sendok)
  11. NOTICE : hasil akhir ada genangan airnya? itu normal, silahkan diaduk hingga tercampur rata (gunakan piranti yg higienis)
  12. NOTICE : hasil akhir gagal? terkadang keberhasilan datang setelah melewati banyak kegagalan.. resep yg menyertakan bakteri memang membutuh kan treat khusus dan kesabaran setingkat ibu.. (kok ibu???) iya krn ibu adalah manusia paling sabar yg dengan kesabarannya menumbuhkan cinta hingga kita besar... salam...

Bahan-bahan dalam resep Yogurt Handmade diatas adalah sebagai berikut

  • 1 L susu murni (hewani lebih baik)
  • Ice box (biasa disebut termos es)
  • Air panas (secukupnya untuk inkubator)
  • Glass Jar (volume disesuaikan porsi susu/ yogurt yg hendak dibuat)
  • 35 mL starter yogurt/ bisa pakai merk yummy plain (saya pakai kefir, saya dapatkan di peternakan kambing)
  • Napkin
  • 25 sdm Gula Pasir / opsional (sekedar netralisir rasa asam yogurt nantinya)

Waktu : 25 menit

Porsi : 1 Liter Orang

Resep Yogurt Handmade