Cara membuat Tengkleng Ayam, resep

  1. Cuci bersih tulang dan dada ayam, potong dadu dada ayam, lalu rebus keduanya hingga menghasilkan kaldu
  2. Haluskan Bawang Putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, dan kemiri, setelah itu tumis bumbu tersebut, lalu masukkan cabe rawit, sereh (memarkan) , lengkuas (memarkan), daun salam, daun jeruk, bubuk pala, tumis hingga harum
  3. Setelah itu masukkan potongan dada ayam dan tulang ayam, tumis sebentar setelah itu masukkan air kaldu secukupnya.. Masak hingga setengah matang..
  4. Setelah itu masukkan santan bening sedikit saja, lalu tambahkan kecap manis , kecap asin, gula, garam dan gula jawa.. Masak hingga matang. Setelah matang(mendidih) masukkan potongan tomat segar.. Selesaiii...
  5. NB:: Takaran santan sesuai selera, boleh dibuat bening boleh dibuat agak keruh.. Sama segernya kok...

Bahan-bahan dalam resep Tengkleng Ayam diatas adalah sebagai berikut

  • Sedikit Gula Jawa
  • 2 cm Jahe
  • 1 Ruas Kunyit
  • 2 Buah Tomat Merah
  • 3 Buah Kemiri sangrai
  • 1/2 kg Tulang Ayam
  • Secukupnya Santan Bening
  • 5 Lembar Daun Jeruk
  • 1 Sdt Kecap Asin
  • 3 cm Lengkuas
  • 1 Sdm Bubuk Ketumbar sangrai
  • 3 Siung Bawang Merah
  • 1/2 Potong Dada Ayam
  • 4 Siung Bawang Putih
  • 3 Lembar Daun Salam
  • 2 Sdm Kecap Manis
  • 1 Sdm Bubuk Pala
  • 5 Buah Cabe Rawit
  • 3 Batang Serai

Waktu : 40 menit

Porsi : 5 Orang

Resep Tengkleng Ayam Lagi lagiii kuliner solo itu ngangenin. Pengen makan tengkleng tp maless banget beli daging kambing (males baunya nggak ilang2) hehe.. Yasud dehh cobain aja pake tulang ayam.. And tadaaaaaa.... Lumayan juga buat seger2an nih..