Cara membuat Tahu Bulat Isi Daging | Lamb-Stuffed Round Tofu, resep

  1. Peras terlebih dahulu tahu putih dengan kain bersih hingga tahu benar-benar kesat tanpa air.
  2. Lalu buang airnya dari mangkok. Selanjutnya masukkan telur, semua bumbu juga baking powdernya. Aduk rata.
  3. Bentuk bulat-bulat, isikan potongan daging semur kambing didalamnya. Lakukan hingga habis. NOTE: Satu resep bisa jadi 16-18 biji
  4. Setelah habis, simpan dulu di kulkas minimal 3 jam.
  5. Baru setelah itu digoreng dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Goreng sampai permukaan kuning kecoklatan, kira-kira selama 20 menit.
  6. Angkat,
  7. Dan sajikan dengan saus kesukaan 🙂
  8. Ternyata diisi keju juga enak 🙂
  9. Yang dagingnya dibuat bakso, bisa juga nih bund dibuat isian tahu bulat. Rasanya nampoool 🙂
  10. [PENTING] Info seputar tahu bulat>>> Tahu menjadi kopong karena penggunaan kuning telur. Karena itu jika telur dilewatkan maka tahu bulat menjadi kurang kopong, permukaan tahu bulat kurang licin, tapi untuk rasa tetap enak dan bisa kriuk. Pastikan saat memeras tahu, air benar-benar terbuang dari tahu. Jika kandungan air masih banyak, maka tahu menjadi susah kopong dan kurang kriuk.
  11. Jika baking powder dilewatkan maka tahu tidak terlalu mengembang, bahkan terkadang bantat. Cuma untuk rasa jadi kurang kres-kres. Permukaan tahu juga jadi kasar dan tidak licin. Sementara tahu bisa melempes (kempes) lagi saat ditiriskan, itu karena menggorengnya kurang tanek (kurang lama). Karena itu, gorenglah dengan api kecil saja. Butuh waktu kira-kira 20 menit agar hasil tahu bulat tetap bulat licin saat disajikan.
  12. Jika kita langsung menggoreng tahu tanpa disimpan dulu dikulkas, maka tahu menjadi rentan pecah dan meletus saat digoreng. Untuk hasil maksimal, agar tahu mengembang sempurna, gunakan baking powder yang masih aktif. Karena jika baking powder sudah rusak atau kadaluarsa maka tahu jadi bantat dan permukaan tahu kasar tidak licin.
  13. Goreng dengan minyak terendam agar hasil tahu bulat maksimal dan tidak mudah gosong. Dan terakhir, saat membulatkan tahu, pastikan isian tahu tidak keluar yah, jadi harus benar-benar tersalut penuh. Jika isinya kelihatan dikit aja, nantinya jadi rentan meletus saat digoreng.
  14. Demikian resep tahu bulat yang dilengkapi dengan info seputar pembuatan tahu bulat agar sukses dan tidak gagal. Selamat mencoba yah...Semoga berhasil!

Bahan-bahan dalam resep Tahu Bulat Isi Daging | Lamb-Stuffed Round Tofu diatas adalah sebagai berikut

  • 1/2 sdt Merica
  • Secukupnya Semur daging kambing, dipotong dadu
  • 1 sdt Baking Powder (Jika Double Action cukup 1 sdt)
  • 2 blok Tahu putih ( kira-kira 500 gram )
  • secukupnya Kaldu dan garam
  • 1 butir Kuning Telur
  • Filling (Isian) :

Waktu : 30 menit

Porsi : 4 porsi Orang

Resep Tahu Bulat Isi Daging | Lamb-Stuffed Round Tofu