Cara membuat Soto / Sroto Ayam Sokaraja Purwokerto Khas Banyumas, resep

  1. Rebus ayam+garam secukupnya sampai lunak dgn 2liter air dilebihin ya krn airnya nantinya akan menyusut lalu ambil ayamnya, tiriskan & goreng (jgn terlalu kering, lalu suwir2)
  2. @Didihkan kaldu @Tumis sampai harum bumbu halus+serei+lengkuas+daun salam, cemplungin ke kaldu, masukkan garam+kaldu bubuk, masak sampai mendidih, jgn lupa tes rasa
  3. Sambal kacang: campur kacang tanah goreng dgn gula pasir, tuang beberapa sendok sayur air kuah/air panas ke dalamnya lalu aduk rata (sengaja saya skip cabe merah & bwg putihnya, kembali ke selera). Karena sudah ada sambel rawit rebus. Aslinya bahan sambal kacang : kacang tanah goreng diulek bareng dgn cabe merah+bwg putih goreng+gula merah+garam, lalu dikasih air panas/air kaldu sampai kentel
  4. Penyajian : Tata potongan ketupat di mangkuk, lalu mi soun, kecambah, kerupuk, sambal kacang, suwiran ayam yg byk hehe, kecap manis, ditaburi bawang goreng dan daun bawang, saya taburannya suka dibanyakin. Siram dgn kuah kaldu panas. Ini foto sebelum disiram kuah. Ini diracik spesial buat bapak ibu mertua yg lg sowan/dateng nengok cucunya hehe
  5. Biasanya enak & mantap disajikan bersama tempe mendoan & minumnya dawet ayu Punya tempe mendoan tp blm sempet digoreng Alhamdulillah wareg (kenyang) ^^ Ini setelah disiram kuah
  6. Ini kalo udah di aduk aduk mau disantap hehe Pada nambah lg, alhamdulillah

Bahan-bahan dalam resep Soto / Sroto Ayam Sokaraja Purwokerto Khas Banyumas diatas adalah sebagai berikut

  • Bahan isi :
  • 2 cm jahe
  • Bawang merah goreng
  • Bumbu Halus :
  • Krupuk aci merah/bawang/singkong/mireng
  • Suwiran ayam goreng
  • 10-15 merica butir
  • 2 iris lengkuas geprek
  • Sambel rawit rebus (cabe rawit direbus, tiriskan haluskan, siram dgn kuah soto)
  • Mi soun rendam air hangat, tiriskan
  • Secukupnya garam
  • 1 batang serei geprek
  • Kecambah kecil/taoge rebus, tiriskan
  • 250 gram kacang tanah goreng, haluskan
  • 4-5 butir kemiri
  • Sambal kacang :
  • 1/2 kg dada ayam
  • Bahan Kuah :
  • 3 lembar daun salam
  • Secukupnya Cabe merah keriting goreng (skip)
  • Ketupat/lontong, potong kotak
  • Kecap manis
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Pelengkap :
  • Daun bawang,iris
  • Taburan :
  • 150 gram gula merah/ gula pasir
  • 1 ruas kecil kunyit
  • Secukupnya garam
  • 2 liter kaldu ayam (di dapat dr rebusan 1/2kg ayam)
  • 3 siung Bawang putih, goreng utuh, sbentar aja (skip)
  • 5-6 siung bawang putih

Waktu : 60 menit

Resep Soto / Sroto Ayam Sokaraja Purwokerto Khas Banyumas Bismillah, #SotoNusantara hampir tiap daerah punya resep khas soto. Soto atau dikenal dgn sebutan SROTO kalau di daerah Banyumas, Jawa tengah. Banyak warung2 sroto di pinggiran jalan daerah Sokaraja, Banyumas makanya lebih dikenal Sroto Sokaraja. Ada yg pake isian ayam, sapi dan babat. Rasanya khas sekali karena sambal kacangnya. Kebetulan dulu ibu punya warung sroto ayam, sapi & babat di samping rumah, bertahan sampai 10 tahun an Saya sebelum berangkat ke sekolah suka disuruh bantu meracik bahan soto, mendoan dan makanan lain yg dijual di warung. Soto ini emang ajaib loh, bahan sama & kuah dr panci yg sama tapi kalo beda yg ngracik rasanya pun beda. Dari mulai jumlah isian, sambal kacang, kecap manis yg di tuang, sudah ada takarannya tersendiri. Kembali lg ke feeling penjual soto hehe Andalan keluarga kalau ada saudara/tamu datang ke rumah ya disajikan sroto ini, calon menantu2 ibu yg dtg melamar juga disuguhin ni sroto, ben tambah kecantol mungkin xixi ngga ah untuk memuliakan tamu saja yg datang Beli sroto di jogja, tasik bahkan di bali rasanya ngga se enak buatan ibu emang hehe Kalau ibu mertua beda bumbu kuahnya, di kuahnya ngga pake jahe & kunyit, di banyakin daun salamnya aja. Ngomong ngalor ngidul gini jadinya.. Ini resepnya ya bu ibu :