Cara membuat Sosis Solo Ayam Wortel, resep

  1. Buat isi dulu ya, Cara nya parut wortel pake parutan keju, rebus dada ayam, lalu suwir-suwir, haluskan bawang merah & bawang putih kemudian tumis sampai harum, tambahkan lada lalu masukkan wortel, ayam, daun salam, kaldu bubuk, gula pasir sambil di aduk, terakhir tuang Santan masak dengan api sedang sampai asat (Santan habis). Jangan lupa koreksi rasa 🙂
  2. Lanjut buat kulit,telur kocok lepas lalu masukkan tepung terigu, garam & mentega cair, Tuangkan Santan sedikit demi sedikit, sambil di aduk sampai adonan halus (saring bila perlu). Dadar adonan pake wajan atau teflon yg telah olesi mentega, lakukan sampai habis. "Tips nya saat membuat dadaran, usahakan jgn terlalu tebal ya, nanti kulit pecah saat digulung".
  3. Yok kita gulung sosis nya, ambil 1 lbr kulit sosis, beri isian, lipat sisi kanan & kiri dadaran, gulung kedepan. Lakukan sampai selesai
  4. 2 butir telur kocok lepas, celupkan sosis kedalam nya, lalu goreng dengan api sedang sampai kuning kecoklatan, Dan sosis solo ayam wortelpun siap dinikmati dengan cabe rawit atau saos sambal

Bahan-bahan dalam resep Sosis Solo Ayam Wortel diatas adalah sebagai berikut

  • 3 sdm mentega cairkan
  • 500 ml Santan cair
  • 2 lbr daun salam
  • 300 gr Tepung terigu serba guna
  • 100 ml Santan
  • 1 sdm gula pasir
  • 300 gr ayam
  • bahan kulit:
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada
  • bahan isi:
  • secukupnya kaldu bubuk
  • 2 btr telur (pelapis)
  • 1/2 sdt garam (secukupnya)
  • 3 butir telur utuh
  • 1 bh wortel (optional)
  • 3 siung bawang merah

Waktu : 45 menit

Porsi : 6 Orang

Resep Sosis Solo Ayam Wortel Hari minggu cuaca galau, hujan-panas gak jelas.. Mulut dan perut jd ikutan galau, pingin nya memamah biak ajah hehe.., dari kemarin anak ku tuh request sosis solo yg isian nya ayam tapi di campur wortel, kata nya mau dibawa ke sekolah, dia bilang temen2nya suka banget sama sosis buatan ibu hehehe, ya udah. Sekalian buat ngemil, langsung deh ublek didapur dgn resep sosis solo favorit ku, karena menurutku resep ini pas di lidah ku..kulit nya lembut, isian nya gurih manis... Nyaaaammm