Cara membuat Seblak makaroni baso ayam, resep

  1. Panaskan air, setelah mendidih masukkan makaroni, tambahkan sedikit mentega aduk sampai makaroni mencapai kekenyalan yg diinginkan, tiriskan
  2. Rebus bakso ayam sampai mendidih
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit merah,lada, kencur dan garam secukupnya
  4. Tumis bumbu yg sdh halus tadi sampai harum, tambahkan daun bawang, aduk lalu masukkan bakso beserta air rebusannya, tambahkan kerupuk bawang yg sebelumnya sudah direndam
  5. Masukkan makaroni, aduk sampai mendidih. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Kocok telur ayam lalu masukan ke dalam wajan langsung diaduk aduk sampai mendidih kembali. Oya karena kerupuk itu terbuat dari sagu maka lama lama kuahnya akan mjd kental.
  6. Sajikan panas panas dengan ditaburi bawang goreng, jika suka pedas yang banget bisa ditambahkan saus atau bubuk cabe .. Pasti endeeess dan lebih berwarna pastinya hehe... selamat mencobaa..

Bahan-bahan dalam resep Seblak makaroni baso ayam diatas adalah sebagai berikut

  • 1 butir telor ayam
  • 5 siung bawang merah
  • 250 gram bakso ayam
  • 100 gram kerupuk bawang
  • secukupnya lada
  • 4 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • secukupnya gula dan garam
  • 250 gram makaroni (shell)
  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas ujung jari kencur
  • 2 lembar daun bawang

Waktu : 20 menit

Porsi : 8 Orang

Resep Seblak makaroni baso ayam Setiap hari rabu pagi, seminggu sekali ada acara pengajian rutin liqo di rumah. Biasanya entah arisan atau pengajian atau kegiatan apapun kalo sudah kumpul2.. dimana ada ibu ibu pasti selalu disitu ada makanan hihi.. Buat saya, meskipun termasuk kategori emak2 rempong yg punya balita, tp menyiapkan hidangan dan tetek bengek untuk kegiatan liqo itu sangat menyenangkan.. Tidak cuma saya, temen2 yg lain pun ada beberapa yg membawa kue sebagai hidangan. Dan memang seru rasanya ya.. ketika kita berkumpul dengan teman teman selain diisi dengan hal yg bermanfaat, juga pas makan bareng bareng itu lebih nikmat rasanya daripada makan sendirian... Betul? Hehe.. Nah kemarin itu saya sempet bingung menu apa ya yg akan saya buat.. Lalu saya cek isi lemari dan kulkas, sudah jd kebiasaan saya pake azas memanfaatkan yang ada sekaligus menguras isi kulkas, maksudnya sih biar diisi lagi dengan yg baru hehe... Dan akhirnya saya putuskan untuk membuat seblak. Yap.. Padahal ini adalah kali pertama saya membuat seblak. Terus terang saya belum pernah sama sekali jajan seblak diluar, cukup mencicipi seblak yg dibeli ponakan, tapi rasanya masih terekam dalam ingatan hehe... Dan kemaren itu jd uji coba rasa juga tentunya... dengan berkelakar sy bilang ke temen temen pengajian, gimana rasa seblaknya.. Dah pantes kah sy jualan seblak.. Haha... Gak perlu denger jawaban mereka siih.. yg penting Alhamdulillaah ... ludess seblaknyah.. Tapi entah itu karena memang enak atau mereka lg lapar yaa.. Wallohu'alam... Wkwk.. ..