Cara membuat Sate Kere : Gembus dan Jamur (Vegetarian Friendly), resep

  1. Didihkan secukupnya air. Masukkan jamur, aduk2 sebentarrrrr aja smp airnya agak kuning, tiriskan dan peras pelan jamur. Suwir jamur dengan ukuran sedang agar mudah saat ditusukkan ke tusuk sate. Jangan terlalu kecil ya.
  2. Haluskan bumbu ungkep kecuali daun salam dan kecap. Sisakan 1/3 bagian bumbu untuk bahan oles jamur.
  3. Olesi jamur yg sudah ditusuk, dengan 1/3 bagian bumbu tadi yg sudah ditambahkan sedikit kecap. Diamkan agar bumbu meresap.
  4. Panaskan air, masukkan sisa bumbu, daun salam dan kecap. setelah mendidih masukkan gembus, masak hingga air surut. Dinginkan di suhu ruang.
  5. Tusuk gembus di tusukan sate. Sisihkan.
  6. Panaskan teflon, olesi sedikit margarin. Panggang sate sambil sesekali diolesi campuran kecap dan margarin sampai matang.
  7. Lontong magiccom : Gampang banget cuma masak beras dan air dg perbandingan 1:3. Setelah ada bunyi klik tanda matang, diamkan 15-20 menit baru buka dan pindahkan ke cetakan/tupperware.
  8. Tekan2 nasi sampai padat dengan centong. Kemudian diamkan di suhu ruang sktr 1 jam smp set. Kemudian potong2.
  9. Penampakan lontongnya. Krn ini lontong minimalis so jangan berekspektasi tll tinggi yaaa.. pasti gak sepadat dan selembut lontong biasa. Kenali juga magiccom masing2. Kalo magiccom kamu bikin nasi cepet kering, bisa tambahin sedikit takaran airnya. Punyaku agak kurang air dikit jadi ada yg rontok nasinya hehe
  10. Sajikan sate bersama lontong dan saus sambal pilihan kaliann
  11. Zoom in ah biar makin fotogenic… sate jamur bener2 mirip kaya kulit ayam lo..

Bahan-bahan dalam resep Sate Kere : Gembus dan Jamur (Vegetarian Friendly) diatas adalah sebagai berikut

  • Secukupnya kecap dan margarin cair
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 butir kemiri
  • 1 lembar daun salam
  • Secukupnya garam
  • Bahan sambal :
  • Secukupnya bumbu pecel/gado2 siap pakai seduh dg air panas
  • 100 gr jamur tiram
  • Bahan lontong :
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bagian beras
  • Sambal kecap
  • 3 siung bawang merah
  • Bumbu ungkep :
  • 1 sdt ketumbar
  • 200 gr tempe gembus potong kotak
  • 3 bagian air
  • Bahan olesan :

Waktu :

Porsi : 20 tusuk Orang

Resep Sate Kere : Gembus dan Jamur (Vegetarian Friendly)