Cara membuat Sambalado jengkol (Padang), resep

  1. Kupas kulit bawang dan tangkai cabe, cuci beserta tomat lalu ketiga bahan tsb direbus selama 10 menit.
  2. Sementara itu, belah 2 jengkol, kemudian goreng dengan api kecil sampai bagian tepi2nya agak kuning kecoklatan. Ini adalah penampakan jengkol muda yang sudah dibelah ya.. kalo digambar ini porsinya banyak karna mo bikin sambal yg banyak bund
  3. Setelah 10 menit, tiriskan tomat, bawang dan cabe. Uleg cabe, bawang dan tomat lalu tambahkan garam dan air jeruk nipis, tes rasa, dan campurkan jengkol ke sambal. Tata sambal dipiring, bisa dimakan dengan lalap apa saja bund…

Bahan-bahan dalam resep Sambalado jengkol (Padang) diatas adalah sebagai berikut

  • 4 buah jengkol yg masih muda
  • 2 buah tomat besar
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • secukupnya garam
  • 5 siung bawang merah
  • 15 buah cabe merah

Waktu : 15 menit

Porsi : 4 porsi Orang

Resep Sambalado jengkol (Padang) Ganti Sambalado jengkol (Padang) 3 Suka 1 Recook Ini dia nih sambal favorit Sumatera Barat selain sambalado tanak dan sambal pete. Sambalado emang senjata paling ampuh utk menghilangkan kejenuhan terhadap lauk spt ayam, ikan dan daging. Selain enak dan gak eneg, harganya lebih murah dan bikinnya juga lebih gampang, gak butuh waktu lama kok bund. kuncinya disini, pilihlah jengkol yang masih muda, tapi jangan banyak2 ya bund masukinnya, nanti jadi jengkol balado deh, padahal kalo sambalado jengkol, sambal nya banyak, nah si jengkolnya cuma dikit aja sbg pendamping …. trus yg nyegerin itu air jeruk nipis, apalagi kalo ditaburi bawang goreng, hmmm yummmyyyy Amelia Ikuti Stop ikuti Bahan-bahan 4 porsi 15 buah cabe merah 2 buah tomat besar 5 siung bawang merah 4 buah jengkol yg masih muda secukupnya garam 2 sdm air jeruk nipis Langkah 15 menit Ganti Kupas kulit bawang dan tangkai cabe, cuci beserta tomat lalu ketiga bahan tsb direbus selama 10 menit. Ganti Sementara itu, belah 2 jengkol, kemudian goreng dengan api kecil sampai bagian tepi2nya agak kuning kecoklatan. Ini adalah penampakan jengkol muda yang sudah dibelah ya.. kalo digambar ini porsinya banyak karna mo bikin sambal yg banyak bund Ganti Setelah 10 menit, tiriskan tomat, bawang dan cabe. Uleg cabe, bawang dan tomat lalu tambahkan garam dan air jeruk nipis, tes rasa, dan campurkan jengkol ke sambal. Tata sambal dipiring, bisa dimakan dengan lalap apa saja bund… Tambah langkah