Cara membuat Roti Cup Isi Ayam, resep

  1. Membuat isian: Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan ayam dan bumbu bumbu pelengkap lain, cicipi rasa, aduk aduk hingga kering. Biarkan dingin
  2. Membuat roti: Campur semua adonan kering, kecuali garam. Masukkan satu kuning telur, dan air,uleni hingga kalis. Baru tambahkan margarin dan garam, ulebi dan gilas sampe kalis elastis, dan jika ditarik akan membentuk lembat tipis tanpa robek. Kisaran waktunya, 20 sampai 30 menit untuk pemula. Lalu diamkan setengah jam, tutup atas wadah dengan serbet lembab ya?
  3. Setelah 30 menit, kempiskan lagi adonan. Uleni sebentar, bagi menjadi 12 buah. Pipihkan adonan, isi dengan setengah sendok makan isian ayam, tutup kembali hingga rapat. Lakukan hingga selesai. Taruh bulatan roti ke dalam cetakan bolu yang sudah dioles margarin dan diberi kertas cup. Diamkan lagi 30 menit hingga mengembang. Oles atas roti dengan kuning telur, panggang di oven yang sudah dipanaskan, kurang lebih 15-20 menit. Begitu matang, oles permukaan dengan margarin. Yang benar sih harusnya dioles mentega, tapi kalau yang ada margarin ya gak papa ( hehe, saya maksudnya).

Bahan-bahan dalam resep Roti Cup Isi Ayam diatas adalah sebagai berikut

  • 120 ml air es
  • 12 1/2 gr susu bubuk full cream
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • bahan isian:
  • 200 gr terigu protein tinggi
  • 2 kuning telur ( 1 untuk adonan roti, 1 untuk olesan)
  • 50 gr margarin
  • 1 btg daun bawang, iris halus
  • 1 sdm kecap manis
  • 50 gr terigu protein sedang
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 6 gr ragi instan
  • 250 gr ayam, rebus, suwir suwir
  • 1/4 sdt merica
  • 50 gr gula pasir

Waktu : 75 menit

Porsi : 4 Orang

Resep Roti Cup Isi Ayam Siapa yang belum pernah bikin roti?,karena takut gagal? males nguleni?ato gak punya oven api atas bawah? Jangan kalah, ayo singsingkan lengan baju, besarkan nyali, ambil sepiring nasi komplit dengan segelas air putih, habiskan, dijamin tenaga siap buat menguleni. Gak punya oven yang ok, eits, jangan kalah, saya pun gak ada kok, roti dipanggang dengan oven tangkring, api bawah doang tetap ok. Jujur saja sih, pertama bikin roti tangan saya lecet lecet, saking semangat mbanting dan nguleni sampai nyakar kulit tangan sendiri ( ini nguleni apa kesurupan ya?), plus mecahin tempat adonan ( hehe..., begitulah saya, banyak yang harus berkorban untuk mencapai tujuan) Padahal jumlah adonannya cuma seperempat kilo tepung ( hehe..) Ehh, latihan menjadikan lebih baik, bantat, gak ngembang sempurna, over/ under fermentasi, gosong atau masih mentah, gak menyurutkan nyali deh, gilas terus. Sekarang menguleni adonan udah nyaman, tetep keringetan sih, tapi hasilnya so far so good, pori halus, tiga hari tahan masih empuk walau tanpa bread improver. Jadi ayo teman teman, yang belum pernah bertempur dengan adonan roti, do it right now!, seperti olahraga, dapat keringet, menghasilkan sesuatu yang yummy... Kali ini saya membuat roti dengan memanfaatkan cup dan cetakan bolu kukus besar, praktis buat dicemil anak anak. Isiannya ayam ditumis kesukaan anak anak, cocok buat bekal ke sekolah atau camilan nonton tv yang mengenyangkan.