Cara membuat Rendang Jengkol Melayu, resep

  1. Belah 2 jengkol. Rebus 2 kali selama kurleb 1 jam. Tiriskan. Geprek jengkol lalu sisihkan.
  2. Dalam wajan masukkan bumbu halus, bumbu lempar dan santan. Masak sampai santan agak menyusut.
  3. Masukkan jengkol dan sisa bumbu lainnya. Check rasa sesuai selera. Masak lg hingga rendang menyusut kering. Angkat. Ini rendang lbh lazis kalo dimakannya stlh dibiarkan semalam. Dimakannya besok pake nasi panas. Hadeuhh… yg keliatan cuma laut doang alias lupa daratan. Hahaha…

Bahan-bahan dalam resep Rendang Jengkol Melayu diatas adalah sebagai berikut

  • Ganti dg 1 lbr daun kunyit kalau ngga ada
  • bumbu lempar:
  • 20 bh jengkol
  • 1 sdt gulpas
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 lbr daun salam
  • 5 lbr daun kari / salam koja
  • 2 sdt bubuk kari
  • 3 cm jahe
  • 5 bh baput
  • 2 bh asam kandis
  • 2 lbr daun jeruk
  • bumbu lainnya:
  • 1 btg sereh
  • 5 btr kemiri
  • 100 gr cabe merah
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 750 ml santan dari 1 btr kelapa
  • bumbu halus:
  • 10 bh bamer

Waktu :

Porsi : 5 porsi Orang

Resep Rendang Jengkol Melayu Ganti Rendang Jengkol Melayu 4 Suka Hobby banget sama makanan yang satu ini…jengkol!! Dimasak apa aja enak. Kali ini saya coba bikin rendangnya. Suami yg notabene orang melayu kasih ide utk tambahin daun kari atau juga dikenal dg nama salam koja. Daun ini biasa ditambahkan pada masakan gulai kari khas melayu. Setelah dicoba ternyata aromanya jadi unik. Dan tetap enak tentunya. Mantap juga nih ide suami eike.. Jadilah hidangan ini dikasih nama Rendang Jengkol Melayu. Kalo ngga ada daun kari, skip aja dan ganti dg daun kunyit. Jengkol?? Bau?? Aaahh… nanti ajalah dipikirinnya. Efek samping nggak sebanding dengan kelezatannya! Di recook yuk moms.. Ina Harahap Ikuti Stop ikuti Bahan-bahan 5 porsi 20 bh jengkol bumbu halus: 10 bh bamer 5 bh baput 100 gr cabe merah 3 cm jahe 5 btr kemiri bumbu lempar: 3 cm lengkuas memarkan 3 lbr daun salam 5 lbr daun kari / salam koja Ganti dg 1 lbr daun kunyit kalau ngga ada 2 lbr daun jeruk 2 bh asam kandis 1 btg sereh bumbu lainnya: 2 sdt bubuk kari 750 ml santan dari 1 btr kelapa 2 sdt garam 1 sdt gulpas 1 sdt kaldu bubuk Langkah Tambah foto Belah 2 jengkol. Rebus 2 kali selama kurleb 1 jam. Tiriskan. Geprek jengkol lalu sisihkan. Tambah foto Dalam wajan masukkan bumbu halus, bumbu lempar dan santan. Masak sampai santan agak menyusut. Tambah foto Masukkan jengkol dan sisa bumbu lainnya. Check rasa sesuai selera. Masak lg hingga rendang menyusut kering. Angkat. Ini rendang lbh lazis kalo dimakannya stlh dibiarkan semalam. Dimakannya besok pake nasi panas. Hadeuhh… yg keliatan cuma laut doang alias lupa daratan. Hahaha… Tambah langkah